Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

GoTo PHK Massal 1.300 Karyawan

Ilustrasi. Driver Gojek yang tergabung dalam perusahaan GoTo.

RADARBEKASI.ID, BEKASIPT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo resmi mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 12 persen dari total karyawan atau sebanyak 1.300 orang.

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan, PHK dilakukan sebagai salah satu langkah strategis dalam mendorong percepatan kemandirian finansial.

Keputusan ini diambil agar perusahaan dapat terus memberi dampak positif bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi dan pedagang di ekosistem GoTo, melalui pertumbuhan yang sehat dan berkesinambungan.

”Di tengah kondisi ekonomi global yang semakin penuh tantangan, GoTo harus fokus pada hal-hal yang berada dalam kendali perusahaan. Hal ini termasuk mengambil keputusan sulit untuk melakukan perampingan karyawan sejumlah 1.300 orang atau sekitar 12 perusahaan dari total karyawan tetap Grup GoTo,” kata Andre dalam pernyataan resmi perusahaan, Jumat (18/11).

BACA JUGA: Telkomsel Tambah Investasi USD300 Juta di Gojek

Lebih lanjut, GoTo menjelaskan tantangan makro ekonomi global berdampak signifikan bagi para pelaku usaha di seluruh dunia. Seperti layaknya perusahaan besar lainnya, GoTo perlu beradaptasi untuk memastikan kesiapan perusahaan menghadapi tantangan ke depan.

Oleh karena itu, perusahaan harus mengakselerasi upaya untuk menjadi bisnis yang mandiri secara finansial dan tumbuh secara sustainable dalam jangka panjang. Hal ini dilakukan antara lain dengan memfokuskan diri pada layanan inti, yaitu on-demand, e-commerce dan financial technology.

“GoTo telah mencatatkan pertumbuhan yang konsisten di bidang ini (layanan inti), didorong oleh strategi Perusahaan yang menyasar pada peningkatan jumlah pengguna multiplatform, alokasi insentif secara efektif, serta membangun sinergi terintegrasi dalam ekosistem,” lanjutnya.

Sebelumnya, kata dia, untuk mendukung percepatan pertumbuhan, sejak awal tahun GoTo juga melakukan evaluasi optimalisasi beban biaya secara menyeluruh. Termasuk penyelarasan kegiatan operasional, integrasi proses kerja, dan melakukan negosiasi ulang berbagai kontrak kerja sama.

Pada akhir kuartal II/2022, GoTo mengklaim berhasil melakukan penghematan biaya struktural sebesar Rp 800 miliar dari berbagai aspek penghematan, seperti teknologi, pemasaran dan outsourcing.

Meski begitu, GoTo tak dapat menghindari keputusan sulit dengan mengeluarkan kebijakan PHK terhadap ribuan karyawannya. GoTo memastikan, karyawan yang terdampak akan menerima pemberitahuan hari ini dan akan memperoleh paket kompensasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan di tiap negara di mana GoTo beroperasi.

GoTo memastikan, kebijakan pengurangan karyawan ini tidak mempengaruhi layanan perusahaan kepada konsumen dan juga mitra pengemudi ataupun pedagang.

“Keputusan sulit ini tidak dapat dihindari supaya perusahaan lebih agile dan mampu menjaga tingkat pertumbuhan sehingga terus memberikan dampak positif bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang. Keputusan ini tidak mempengaruhi layanan GoTo kepada konsumen serta komitmen Perusahaan terhadap mitra pengemudi dan pedagang,” pungkasnya. (jpc)