Berita Bekasi Nomor Satu

Keturunan Makassar Fasih Berbahasa Sunda

Chyntia Madinah Thaqqiyah

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Chyntia Madinah Thaqqiyah merupakan siswa yang fasih berbahasa sunda. Meskipun gadis berusia 14 tahun ini keturunan Makassar.

Pada tahun lalu, dirinya membawakan pidato berjudul “Ngamumule Basa Sunda” dalam ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) 2022 tingkat Kabupaten Bekasi. Ia bersyukur meraih juara.

“Aku asli orang Makassar, tapi aku bisa mewakili sekolah untuk lomba pidato bahasa sunda tingkat kabupaten 2022 dan alhamdulillah aku bisa meraih juara 1 dalam event tersebut,” ungkap siswa SMPN 04 Cikarang Utara ini.

Ia juga sempat mewakili Kabupaten Bekasi mengikuti ajang serupa di Pangandaran. Siswa yang akrab disapa Chyntia ini mengaku, awalnya kesulitan untuk menguasai bahasa sunda.

BACA JUGA: Hobi Kumpulkan Sertifikat Penghargaan  

Namun berkat bimbingan guru dan dukungan teman-temannya, ia mampu menguasainya. “Sebenarnya aku nggak terlalu fasih dalam bahasa sunda, tapi aku diajarin sama bu Awon guru bahasa sunda aku dan aku belajar kosa kata bahasa sunda dari teman – teman kelas dan guru-guru di sekolah. Jadi lingkungan sangat membantu aku dalam menguasai bahasa ini,” terangnya.

Baginya, bisa menguasai bahasa daerah dengan cukup baik merupakan kebanggan tersendiri. Sebab sebagai generasi muda sudah sewajarnya bisa terus mewariskan budaya Indonesia.

“Bisa berbahasa daerah dengan cakap merupakan suatu kebanggaan bagi aku, karena bahasa daerah merupakan salah satu warisan budaya yang tetap harus dilestarikan dan saya bangga bisa paham bahasa ini,” tuturnya.

Dirinya memiliki keinginan untuk bisa mempelajari lebih banyak bahasa daerah lain. Menurutnya hal tersebut merupakan hal yang menarik untuk dipelajari.

“Aku ingin banget bisa mempelajari dan menguasai semua bahasa daerah, karena menarik aja gitu bisa mempelajari dan menguasai seluruh bahasa daerah,” pungkasnya. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin