Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Peduli Kaum Disabilitas, Heri Koswara Dapat Anugerah Tokoh Inspiratif Versi Cagak Foundation

Heri Koswara (tengah) mendapat anugerah sebagai Tokoh Inspiratif dari Cagak Foundation, Minggu (6/10/2024). Foto ist.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Heri Koswara mendapat anugerah Tokoh Paling Inspiratif 2024 versi Cagak Foundation.

Calon Wali Kota Bekasi nomor urut 1, Heri Koswara menerima penganugerahan Award IBK’s Day 2024 yang diselenggarakan Cagak Foundation.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Kampus LSPR Transpark Bekasi pada Minggu sore (6/10/2024).

BACA JUGA: “Berdamai dengan Sunyi”, Basiimah Putri Heri Koswara Menepis Stigma Difable Tak Berdaya

Penghargaan ini diberikan kepada Heri Koswara atas perannya sebagai tokoh inspiratif yang peduli terhadap individu berkebutuhan khusus, terutama dengan mendirikan sekolah bagi penyandang disabilitas.

Pada kesempatan tersebut, Heri Koswara menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas penghargaan yang diterimanya.

“Sungguh saya sangat bersyukur sekali pada sore hari ini. Di rangkaian acara saya, saya mendapatkan satu keberkahan dan keistimewaan yang selalu saya rasakan ketika berjumpa dengan saudara – saudara saya yang kebetulan orang menyebutnya sebagai penyandang disabilitas,” ungkap Heri kepada awak media, Minggu.

BACA JUGA: Diskusi Bareng Penyandang Difable se-Jabodetabek di Kota Bekasi, Anies Baswedan Tawarkan Kartu Disabilitas Nasional

Pria yang akrab disapa Bang Heri menyatakan, penghargaan tersebut seharusnya diberikan kepada istrinya, yaitu Nur Indah Harahap yang selama ini berperan besar dalam merawat dan mendampingi anak keduanya, yakni Amatullah Basiimah. Amatullah Basiimah yang memang terlahir Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara (PDSRW).

Bang Heri mengungkapkan, kini  Amatullah Basiimah sudah berusia 23 tahun, dan saat ini berhasil menjadi seorang kepala sekolah di salah satu sekolah yang didirikannya, khusus untuk anak-anak tuna rungu di Jati Asih, Kota Bekasi.

“Sebetulnya, istri saya yang paling berhak menerima penghargaan ini, dialah yang mengasuh anak kami, Amatullah Basiimah. Ia sekarang sudah 23 tahun dan memiliki satu anak. Dengan pendampingan dan motivasi, Basiimah kini menjadi kepala sekolah di sekolah yang kami dedikasikan untuk anak-anak tuna rungu,” jelas Bang Heri.

BACA JUGA: Peluncuran Buku Amatullah Basiimah, Sahabat Tuli Berprestasi

Bang Heri juga menceritakan prestasi putrinya yang pada tahun 2023 terpilih menjadi salah satu duta membaca kitab suci Alquran. Basiimah menjadi bagian dari penyusun mushaf Alquran Isyarat yang diterbitkan Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) Kementerian Agama RI.

Ia menjelaskan, Al-Quran khusus untuk anak tuna rungu sudah selesai dicetak pada tahun 2022, dengan Juz 30 menjadi bagian yang pertama kali diterbitkan.

Lebih lanjut, Bang Heri menekankan, anak-anak berkebutuhan khusus, baik yang tuna rungu, tuna netra, maupun anak-anak dengan kondisi autisme atau sindrom lainnya, bukanlah lemah. Ia menganggap mereka sebagai anugerah dari Tuhan dengan potensi luar biasa yang hanya perlu dibimbing dan difasilitasi dengan tepat.

BACA JUGA: Perkumpulan Penyandang Disabilitas Butuh Dukungan Pemkot Bekasi

“Saya ingin sampaikan, mereka bukanlah bentuk kelemahan, tapi anugerah dari Allah SWT. Di balik itu, banyak keistimewaan yang bisa kita gali dari mereka. Mari kita berikan bimbingan dan motivasi yang tepat, insya Allah mereka dapat jauh lebih dahsyat jika kita berikan pendampingan yang tepat,” tutup Bang Heri. (rbs)