Berita Bekasi Nomor Satu

Jelang Laga Indonesia vs Tiongkok, Erick Thohir: Lupakan Bahrain!

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat bertemu dengan para pemain Timnas Indonesia. Dia berpesan agar Garuda bisa dapat poin di Bahrain dan Qatar. (Instagram Erick Thohir)

RADARBEKASI.ID, BEKASI  Jelang laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia bakal bertandang melawan Tiongkok, Selasa (15/10/2024).

Menjelang pertandingan krusial ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberi pesan kepada para pemain melupakan kasus Bahrain.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menitipkan pesan penting kepada Timnas Indonesia jelang melawan Tiongkok. Dia berpesan agar skuad Garuda harus lebih fokus dan waspada menatap matchday keempat Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Nyaris Kalahkan Bahrain, Gol Telat Dilmun Warriors Kacaukan Kemenangan Garuda

Timnas Indonesia akan menghadapi Tiongkok di Qingdao Youth Football Stadium, Shandong, pada Selasa (15/10/2024) malam. Ini jadi laga keempat dan krusial bagi skuad Garuda untuk menjaga asa lolos ke Piala Dunia 2026.

Target kemenangan diusung oleh segenap Timnas Indonesia dan juga PSSI saat melawan Tiongkok nanti. Pasalnya, tiga poin dari Qingdao akan membuat kans Garuda buat melaju ke babak berikutnya, atau lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 jadi semakin terbuka.

Saat ini Timnas Indonesia baru mengoleksi tiga poin dalam tiga laga. Garuda belum pernah menang, tapi juga tidak terkalahkan. Mereka menahan imbang Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0) pada periode pertama, dan dua hari lalu juga bermain sama kuat 2-2 dengan Bahrain.

BACA JUGA: Media Asing Geram, Kemenangan Indonesia atas Bahrain Dirampok Wasit Al Kaf

Ketika melawan Bahrain, Timnas Indonesia sebenarnya punya peluang besar mencuri tiga poin. Mereka sudah unggul 1-2 hingga menit 90 dalam waktu normal lewat gol Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick.

Namun, petaka menghanpiri saat injury time. Tepatnya pada menit ke-90+9, di mana gawang Timnas Indonesia kebobolan oleh Mohamed Marhoon untuk kali kedua sehingga kedudukan berubah jadi 2-2.

Gol Marhoon itu terbilang kontroversial karena baru tercipta saat menit 90+9. Padahal, tambahan waktu yang diberikan perangkat pertandingan hanya enam menit.

BACA JUGA: Profil Singkat Wasit Kontroversial Ahmed Al Kaf Jagal Kemenangan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Walau begitu, Erick Thohir meminta untuk Timnas Indonesia bisa melupakan hasil tak mengenakkan di Bahrain. Garuda harus fokus ke Tiongkok sekarang.

“Ada banyak opini tentang laga timnas lawan Bahrain itu. Tapi, saya harap para pemain dan tim pelatih sudah lupakan itu, dan susun strategi yang lebih matang untuk hadapi Tiongkok dalam beberapa hari lagi,” kata Erick Thohir.

Tiongkok, menurut Erick Thohir, akan menjadi lawan yang tak akan mudah untuk Timnas Indonesia. Banyak faktor yang bisa membuat tuan rumah jadi berbahaya meski belum mendapatkan poin.

BACA JUGA: Prediksi Pertandingan Indonesia vs Bahrain Kualifikasi Piala Dunia 2026, Target Realistis Cukup Satu Angka

“Apalagi situasinya berbeda. Mulai dari cuaca, kesiapan fisik, termasuk recovery, hingga lawan yang punya ambisi meraih poin pertamanya. Ini yang harus kita lebih fokus dan waspadai,” jelas Erick Thohir.

Timnas Tiongkok saat ini memang masih nirpoin. Dalam tiga laga awal, mereka selalu menelan kekalahan. Dimulai dari menyerah 7-0 di tangan Jepang, kemudian kandas dari Arab Saudi (1-2), dan ditekuk oleh Australia (3-1). (rbs/jpc)