Berita Bekasi Nomor Satu

Gagal Administrasi Bayangi Ribuan TKK di Kota Bekasi

APEL: Sejumlah TKK mengikuti apel pagi di Plaza Pemerintah Kota Bekasi, belum lama ini. Ribuan TKK bersiap untuk upload dokumen PPPK. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bekasi meminta kepada para tenaga kerja kontrak (TKK) untuk dapat memastikan kesesuaian dokumen persyaratan saat proses penggunggahan dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024. Sebab hal tersebut sangat penting dalam tahapan seleksi administrasi.

Kepala  BKPSDM Kota Bekasi, Hudi Wijayanto, menyampaikan masa pendaftaran seleksi PPPK 2024 telah mencapai hari ke-14. Sejauh ini Kota Bekasi mendapat kuota PPPK sebanyak 8.420 formasi.

“Saat ini sedang persiapan upload data dari teman-teman TKK yang ada di masing-masing OPD,” katanya, Senin (14/10).

BACA JUGA: Jangan Percaya Calo PPPK

Pihaknya berharap tidak ada pendaftar yang gagal dalam proses seleksi administrasi. Ia telah memperingatkan kepada setiap TKK yang akan mendaftar agar memastikan semua dokumen yang diupload sesuai dengan ketentuan dari panitia seleksi.

Pasalnya, dokumen yang telah diunggah tidak lagi bisa dirubah oleh pendaftar.

“Jadi kalau salah upload itu bisa menyebabkan kegagalan administrasi,” ucapnya.

Setelah seleksi administrasi kata dia, pendaftar yang dinyatakan lolos akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni computer assisted test (CAT).

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa seleksi PPPK ini merupakan kebijakan dari pemerintah pusat guna menuntaskan tenaga honorer. Sehingga pada 2024 ini seluruh tenaga honorer sudah terakomodir dan meningkat statusnya menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

BACA JUGA: Seleksi Administrasi PPPK Sampai 20 Oktober 2024

“Semuanya masuk ke rekrutmen ASN, baik CPNS maupun PPPK. Saya berharap setelah diangkat menjadi PPPK mereka bisa bekerja sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, bisa bekerja lebih baik,” tambahnya.

Sekadar informasi, jadwal seleksi pendaftaran PPPK tahap satu dibuka mulai  1 sampai 20 Oktober ini. Selama tahap pendaftaran juga dilakukan seleksi administrasi.

Berdasarkan statistik yang dibagikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 11 Oktober kemarin, total pelamar 868.295 honorer, 74.147 sudah submit, 19.489 berstatus Memenuhi Syarat (MS), dan 1.653 dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). (sur)