Berita Bekasi Nomor Satu

Kunjungi UMKM di Subang, Ilham Habibie Janjikan Akses Permodalan hingga Peningkatan Lapangan Kerja

DIALOG: Ilham Habibie, calon Wakil Gubernur Jawa Barat dialog dengan para pelaku UMKM di Desa Tambakmekar,Jalancagak,  Subang Kamis (17/10/2024). FOTO: M.ANWAR/RADAR BANDUNG

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ilham Habibie, mengunjungi pusat UMKM di Desa Tambakmekar, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, pada Kamis (17/10/2024).

Dalam sambutannya, Ketua Partai Nasdem Subang, Eep Hidayat, menyampaikan harapan besar terhadap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3.

Ia mengajak kepada masyarakat dan pelaku UMKM yang hadir untuk memilih pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, jika pasangan tersebut memenangkan pemilihan, mereka dapat membawa kemajuan yang signifikan bagi Kabupaten Subang.

“Mudah-mudahan Subang bisa menjadi lebih maju lagi, ” ujarnya.

Kunjungan ini disambut hangat oleh para pelaku UMKM, tokoh masyarakat, dan warga setempat. Ketua UMKM Ade Patas menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Ilham Habibie.

“Sebagai orang yang dituakan di sini, saya berharap jika Ilham menang, jangan lupakan kami para pelaku UMKM. Kami selalu meramaikan bazar yang diadakan baik oleh pemerintah daerah maupun provinsi,” ungkap Ade.

Menanggapi harapan tersebut, Ilham Habibie menekankan pentingnya peran UMKM sebagai tulang punggung ekonomi. Ia menggarisbawahi tiga fokus utama, yakni peningkatan lapangan pekerjaan, pendidikan, dan akses permodalan.

“Kita harus bisa melatih UMKM agar lebih berkembang dan memastikan mereka mendapatkan akses ke permodalan yang memadai,” jelas Ilham.

Selain itu, Ilham menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah dan pelaku usaha untuk mengembangkan UMKM di Subang. Ia mengajak masyarakat untuk terus mengedepankan prinsip gotong-royong melalui semboyan “silih asah, silih asih, silih asuh.”

Dalam dialognya dengan warga, beberapa permasalahan turut diangkat. Melisa, warga Kalijati, meminta perbaikan jalan di daerah Banggala yang berlubang. Ais, warga Tanjung Siang, berharap adanya tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di desanya karena banyak warga yang membuang sampah sembarangan ke sungai.

BACA JUGA: Ditanya Santri tentang Alasan jadi Cawagub, Begini Jawaban Ilham Habibie  

Menanggapi keluhan ini, Ilham Habibie menegaskan bahwa infrastruktur akan menjadi prioritas utamanya jika terpilih. Mengenai masalah sampah, Ilham menyatakan bahwa solusi struktural dan partisipasi masyarakat dalam memilah sampah sangat penting.

“Sampah bisa menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat jika dikelola dengan baik, termasuk melalui sistem daur ulang,” tambahnya.

Permasalahan stunting juga menjadi perhatian serius. Salah satu kader posyandu meminta agar Ilham lebih memperhatikan para kader dalam pemantauan stunting.

Ilham menjelaskan bahwa penanganan stunting membutuhkan asupan protein hewani yang cukup untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak.

“Ini harus jadi fokus kita bersama, memastikan anak-anak mendapatkan nutrisi yang tepat, ” tegasnya.

Dengan kunjungan ini, Ilham Habibie berharap dapat memperkuat dukungan masyarakat dan memperjuangkan aspirasi mereka di tingkat provinsi.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Partai Nasdem Subang, Eep Hidayat, perwakilan pengurus Partai PKS, Oni Kabayan, sejumlah pelaku UMKM, serta tokoh masyarakat setempat. (anr)