Berita UtamaCikarang

Forum Kesehatan Helat Donor Darah

Forum kesehatan
AJAK FORUM ANAK: Forum Kesehatan Kabupaten Bekasi berfoto bersama Forum Anak Kabupaten Bekasi saat menghelat kegiatan donor darah di Kantor IDI Kabupaten Bekasi, Sabtu (18/1). CR49/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Forum Kesehatan Kabupaten Bekasi (FKKB) kembali menghelat kegiatan bakti sosial. Kali ini, berupa kegiatan donor darah yang diikuti insan kesehatan dari organisasi profesi di Kabupaten Bekasi, sekaligus para anggota FKKB.

Kegiatan bakti sosial dilaksanakan di Kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Bekasi, Sabtu (18/1) dan merupakan agenda rutin internal IDI pertiga bulan. Tujuannya memberikan setetes darah bagi saudara-saudara yang membutuhkan.

Ketua Forum Kesehatan, sekaligus Ketua IDI Kabupaten bekasi, Dokter Mulyana mengatakan, giat bakti sosial berupa donor darah ini sudah masuk agenda internal IDI yang diadakan pertiga bulan. Dan sudah berjalan dua kali sama hari ini.

Namun pada kesempatan ini diakui dr. Mulyana, berbarengan dengan kegiatan ini telah lahir Forum Kesehatan. Dimana forum ini sangat baik sekali, karena dapat menyatukan semua insan kesehatan di Kabupaten Bekasi untuk bahu-membahu, saling bersinergis dan mendukung satu sama lainnya.

”Jadi, ke depan dengan adanya forum ini kita akan lebih siap lagi dalam hal kegiatan kesehatan, dan termasuk kegiatan tanggap darurat bencana membantu masyarakat di Kabupaten Bekasi. Kita pun sudah berbuat pekan lalu, dengan membantu penanganan korban banjir,” ungkap dr. Mulyana.

Dia menjelaskan, kegiatan donor yang dihelat dengan tujuan bantu penguatan stok darah di PMI, dan dalam rangka membantu masyarakat luas yang membutuhkan darah diikuti oleh peserta yang tidak lain adalah teman-teman insan kesehatan di FKKB.

”Peserta kegiatan ini ya dari teman-teman insan kesehatan FKKB yang ada di beberapa organisasi profesi, seperti IDI, PDGI, ARSSI, ASKLIN, IBI, PPNI, IAI,FMKBS, dan SBH. Intinya sekarang ini, kami ingin sama-sama berpartisipasi memberikan darah untuk penuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

”Kita lakukan demi kebutuhan masyarakat, karena selama ini banyak rumah sakit dan klinik disini kerap mendapati stok darah di PMI yang ada habis atau tak tersedia, akhirnya tak jarang dengan kondisi itu harus ambil dari daerah lain,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Mulyana menyampaikan, rasa terimakasih yang banyak atas peran aktif Forum Anak Kabupaten Bekasi juga yang telah berpartisipasi terlaksananya kegiatan kali ini. Tentu, peran mereka sangat membantu sekali dan berharap bisa terus aktif di setiap kegiatan apapun.

”Ini kedua kalinya Forum Anak terlibat dalam kegiatan kami, setelah sebelumnya ikut juga dalam bakti sosial penanganan korban banjir pekan lalu. Dan buat kami ini sangat membantu. Harapan saya, kedepan mereka terus ikut berperan dalam kegiatan kita, karena walau bagaimana mereka generasi penerus bangsa ini,” imbuhnya.

Terakhir, dia menegaskan, bahwa kegiatan bakti sosial yang telah dilakukan ini akan terus berjalan secara regular dan kontinu, dalam rangka membantu penguatan stok darah di PMI. Selain itu, FKKB juga ingin bersatu dalam hal mewujudkan yang jadi program unggulan Pemda dari segi kesehatan.

”Jujur sebagai masukan untuk Bupati, pada saat beliau bentuk sebuah forum kesehatan beberapa waktu lalu kita tak dilibatkan. Makanya, kita lahir untuk wujud nyata membangun dan memperbaiki kondisi kesehatan di Kabupaten Bekasi. Kita ini jauh dari politik, dan murni tujuannya berbuat untuk masyarakat,” urainya.

”Rencana kami akan gelar audiensi bulan depan dengan Pak Bupati, untuk meminta Bupati harus melibatkan kami dalam program kegiatan, hingga dalam membuat regulasi khususnya di bidang kesehatan. Intinya, kita harus bersatu, saling sejajar untuk bisa bersinergi dengan pemda sehingga terbangun hubungan yang harmonis. Dan kami siap itu,” tandasnya.(cr49/pms)

Related Articles

Back to top button