Sinergitas Layanan Kesehatan Pusat-Daerah

JENGUK PASIEN: Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jabar, Waras Wasisto (kiri jaket hitam) saat menjenguk warga yang terbaring sakit beberapa waktu lalu.

BEKASI-Pelayanan kesehatan untuk masyarakat Jawa Barat harus dipastikan menyentuh seluruh lapisan masyarakat dan bersinergi dengan program pemerintah pusat terkait kesehatan.

Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat Waras Wasisto meminta instansi terkait di Pemprov Jabar menjadi leading sector pelayanan masyarakat hingga lapisan terbawah.


“Saya meminta pelayanan kesehatan ini tidak membeda-bedakan status sosial pasien. Kalau perlu ada pelayanan kesehatan tanpa kelas,” ujar politisi PDI Perjuangan dari Dapil Kota Bekasi-Depok ini.

Untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat dalam hal kesehatan, imbuh anggota DPRD Jabar dua periode ini, pemerintah provinsi harus memperbanyak rumah sakit rujukan.


“Rumah sakit-rumah sakit rujukan itu guna memudahkan masyarakat menjangkaunya. Terutama yang ada di pelosok-pelosok Jabar,” beber Waras.

Selain itu, tambah Waras, program pelayanan kesehatan pemerintah daerah jangan berjalan sendiri-sendiri. Harus bersinergi dengan kesehatan nasional dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Semuanya harus saling bersinergi. Baik program kesehatan nasional maupun program kesehatan yang diselenggarakan pemerintah daerah. Intinya jangan menyulitkan pelayanan kesehatan untuk rakyat,” tandas anggota DPRD Jabar yang tinggal di Kota Bekasi ini. (zar/adv)