Berita Bekasi Nomor Satu

Beri Pendidikan Kecakapan Hidup

SMAN-1
ASYIK BERBINCANG: Sejumlah siswa SMAN 1 Kota Bekasi asyik berbincang di lingkungan sekolah saat waktu istirahat.Dewi Wardah
SMAN-1
ASYIK BERBINCANG: Sejumlah siswa SMAN 1 Kota Bekasi asyik berbincang di lingkungan sekolah saat waktu istirahat.Dewi Wardah

Radarbekasi.id – SMAN 1 Kota Bekasi memberikan pendidikan life skills (kecakapan hidup) bagi siswanya. Program ini dapat menjadi bekal siswa saat berada di lingkungan sosial maupun perguruan tinggi.

Wakil Kepala Sekolah bidang Hubungan Masyarakat SMAN 1 Kota Bekasi Uswah menyampaikan, bahwa ada tiga program dalam pendidikan life skills. Yakni, pendidikan iman dan taqwa (Imtaq), bahasa asing dan teknologi informasi.

”Ini adalah program internal yang masuk ke dalam kurikulum,” jelas Uswah kepada Radar Bekasi, Rabu (29/1).

Dalam program Imtaq, siswa ditargetkan harus mampu menghafal Alquran dalam sebulan 1 juz. Sedangkan, program bahasa asing siswa mengikuti tes TOEFL.

Sementara program teknologi informasi mengajarkan siswa membuat program dasar. Pendidikan life skills ini diberikan kepada siswa pada waktu khusus.

”Waktunya selama 45 menit disetiap program. Kemudian pelaksanaannya sudah disesuaikan dengan jadwal di dalam kurikulum internal,” tuturnya.

Program yang sudah berjalan selama dua tahun ini sangat efektif diterapkan. Hal itu terbukti dari kemampuan siswa SMAN 1 Kota Bekasi dalam menguasai setiap program.

”Alhamdulillah sudah terlihat perubahan diri dari siswa, dilihat dari (misalnya) pendidikan Imtaknya cukup baik. Mereka semua memang benar-benar menjalankan program ini dengan baik,” katanya.

Diharapkan, program ini dapat terus berjalan sehingga lulusas SMAN 1 Kota Bekasi menjadi generasi bangsa yang dibutuhkan. Menurutnya, life skills dapat menjadi bekal siswa saat berada di lingkungan sosial maupun perguruan tinggi nantinya.

”Ini adalah wadah sekaligus bekal mereka untuk melanjutkan pendidikan mereka juga memperbaiki diri di dalam lingkungan sosial. Kita sangat berharap seluruh siswa lulusan SMAN 1 Kota Bekasi bisa menjadi anak yang cerdas, berakhlak dan intinya mewujudkan semua harapan orang tua mereka,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin