Berita UtamaOlahraga

Latihan Bersama Atlet Pelatda

Renang
LATIHAN: Atlet renang Kabupaten Bekasi saat menjalankan latihan rutin di venue Pelatda PON Jawa Barat, Aquatic Centre, komplek Wibwamukti, Kecamatan CIkarang Timur. DANI IBRAHIM/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Dijadikannya venue Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Bekasi sebagai lokasi pemusatan latihan daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat, untungkan pembinaan atlet asli daerah.

Pasalnya, atlet binaan daerah bisa melihat langsung jalannya proses latihan dan menimba ilmu dari sejumlah atlet yang akan berlaga di PON Papua 2020.

”Secara tidak langsung, sudah membantu peroses pembinaan yang kita lakukan. Karena kita juga langsung menerjunkan atlet untuk menjalani latihan bersama,” ujar Ketua PRSI Kabupaten Bekasi, Wanto saat di konfirmasi Radar Bekasi.

Sedikitnya, ada 30 lebih atlet binaan PRSI dilibatkan. Meskipun sebagian besar, tidak terlibat secara langsung dalam proses pembinaan atlet pelatda baik pelatda loncat indah maupun renang indah.

”Yang sudah berjalan normal, dua nomor. Untuk loncat indah sudah normal latihan, sedangkan renang indah tentatif. Tapi, semua binaan kita, saya wajibkan untuk selalu hadir,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata dia, atlet yang dihadirkan dan latihan bersama tim pelatda, merupakan atlet prioritas Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022.

Lanjut Wanto, berjalannya tahapan Pelatda PON menjadi ukuran Pengcab PRSI untuk perkembangan atlet. ”Kita sudah masuk tahapan pelatcab porda, momen pelatda ini jadi salah satu pendukung penambahan latihan atlet yang disiapkan menuju porda,” bebernya.

Pelatda PON sendiri, akan berjalan hingga akhir tahun, tepatnya sampai pelaksanaan PON.
”Akhir tahun, kita siapkan program evaluasi bagi atlet porda, yang secara langsung melihat tahapan pelatda ini,” tukasnya.

Dilain tempat, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi, Abdul Halim mengakui adanya sejumlah cabang olahraga yang menjalankan Pelatda di Kabupaten Bekasi.

”Ada beberapa cabang yang menjalankan pelatda PON di venue olahraga Kabupaten Bekasi. Target kita sebelumnya, memang menjadi tuan rumah pelatda PON, karena atlet binaan Kabupaten Bekasi bisa ikut latihan bersama,” imbuhnya.

Sejauh ini, kata dia, yang sudah aktif menjalankan pelatda PON di Kabupaten Bekasi diantaranya Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) dan Renang. ”Ada beberapa lagi, tapi masih dalam tahapan koordinasi,” tukasnya. (dan)

Related Articles

Back to top button