Metropolis

Angka Kecelakaan Menurun

LENGANG: Suasana lalu lintas di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi terpantau lengang, Selasa (4/7). Angka kecelakaan di wilayah Kota Bekasi menurun drastis pasca pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah selama pandemi Corona. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Angka kecelakaan di semua ruas jalan di wilayah Kota Bekasi dilaporkan menurun drastis. Penurunan angka kecelakaan ini terjadi sejak pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Pantauan Radar Bekasi, selama tiga pekan terakhir, beberapa ruas jalan di Kota Bekasi terpantau lengang, jarang dijumpai kemacetan seperti dalam kondisi normal.

Beberapa ruas jalan, termasuk jalan utama di Kota Bekasi terlihat semakin sepi dan lengang pada saat hari libur. Padahal, biasanya pada hari libur hampir kemacetan ditemukan di setiap ruas jalan.

Angka kecelakaan disebut oleh Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota, Ojo Ruslani menurun drastis selama tiga pekan ini.

“Turun drastis,” singkatnya kepada Radar Bekasi, Selasa (7/4).

Dewasa ini, Satlantas Polres Metro Bekasi Kota juga menghimbau kepada masyarakat untuk membatasi keluar rumah termasuk melakukan perjalanan jauh, dan senantiasa menjalani pola hidup sehat. Himbauan ini diberikan kepada para pengendara di beberapa simpang besar di Kota Bekasi, seperti simpang Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Himbauan tersebut diberikan dengan cara membentangkan spanduk saat traffic light menunjukkan tanda berhenti. ‘Polres Metro Bekasi Kota menghimbau kepada warga Kota Bekasi untuk tidak mudik dulu ya’ begitu sekilas nampak tulisan spanduk yang dibentangkan di depan para pengendara.

Pemberian himbauan ini dilakukan sebelum, sesudah, dan selama operasi keselamatan jaya, 6 hingga 19 April mendatang. Kegiatan ini dilakukan di tiga titik persimpangan yang memiliki volume kendaraan cukup padat di Kota Bekasi.

“Yang besar memang cuma tiga (spanduk), tapi yang spanduk kecil banyak, disetiap  wilayah polsek ada,” lanjutnya.

Sementara itu, berdasarkan catatan Unit Lakalantas Polres Metro Bekasi Kota, penurunan kecelakaan mencapai angka 47 persen dibandingkan situasi lalu lintas normal.

“Angkanya menurun drastis, kalau biasanya kita itu laporan sampai 17 per minggunya, sekarang ini hanya delapan kecelakaan,” ungkap Kanit Lakalantas Polres Metro Bekasi Kota, AKP Faridah.

Penurunan ini didorong oleh arus lalu lintas yang cenderung lengang, tidak nampak situasi lalin seperti biasanya. Ditambah, dengan himbauan pemerintah agar masyarakat mengurangi intensitas kegiatan di luar rumah. Pihaknya juga ikut memberikan himbauan kepada pengemudi ojek daring atau online (Ojol), dan pengguna jalan yang masih nampak berkerumun di sisi jalan. (sur)

Related Articles

Back to top button