BekasiBerita UtamaBisnis

Akui Ada Upaya Pencurian Data, Tokopedia: Info Penting Terlindungi

ILUSTRASI: Tokopedia. Foto:Jawa Pos.com

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kabar bocornya data pengguna Tokopedia sebanyak 15 juta memang menggegerkan jagat maya. Sebab, selain bocor, data pengguna Tokopedia juga dikatakan diperjualbelikan di internet. Data-data berupa nama akun, alamat email, tanggal lahir, waktu login terakhir, nomor telepon dan sebagainya ditampilkan oleh akun Twitter @underthebreach.

Menanggapi isu tersebut, Tokopedia berdalih mereka senantiasa berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna. Hal tersebut lantaran bisnis Tokopedia adalah kepercayaan sehingga keamanan data pengguna merupakan prioritas utama.

Meski demikian, berkaitan dengan isu yang beredar, pihak Tokopedia mengakui telah menemukan adanya upaya pencurian terhadap data pengguna. Namun, Tokopedia mengaku informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi.

“Kami mengakui telah menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia. Namun, informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi,” ujar VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak melalui keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com (Group Radar Bekasi).

Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, pihak Tokopedia menganjurkan pengguna Tokopedia untuk mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan.

“Tokopedia juga menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun, maka kami selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun,” imbuh Nuraini.

Saat ini, pihak Tokopedia mengaku terus melakukan investigasi terkait isu kebocoran data tersebut. Dalam update terbarunya, Tokopedia memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran.

“Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit dan OVO, di Tokopedia tetap terjaga keamanannya,” tandas Nuraini. (oke/jpc)

Related Articles

Back to top button