Bekasi

Segini Bansos COVID-19 ke Warga Sumberjaya

TAMBUN SELATAN, RADARBEKASI.ID- Bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Kabupaten Bekasi yang dinanti-nantikan masyarakat Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, akhirnya turun dan langsung segera disalurkan, pada Jumat (8/5).

Sayangnya, dari total yang diberikan hanya diterima sebanyak 4945 paket sembako, sedangkan pengajuan yang diserahkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Bekasi oleh Pemerintah Desa (Pemdes), jumlahnya sebanyak 6989 KK dari hasil pendataan pengurus RT/RW di wilayahnya. Artinya, ada 2044 KK yang belum menerima bansos.

Terkait persoalan bansos tersebut, Sekretaris Desa (Sekdes) Sumberjaya, Pudin menyampaikan, pihaknya tetap memberikan ucapan terima kasih sebanyak-banyak pada Pemkab Bekasi atas bansos yang telah diterimanya. Pasalnya, bansos ini sudah lama dinanti oleh warga masyarakat di wilayahnya, terutama warga yang langsung terdampak Covid-19 dan penerapan PSBB di Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah, kami sampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya atas turunnya bansos ini setelah sekian lama dinantikan oleh warga. Ya, kendati kalau dipikir-pikir dari bansos yang kami terima memang masih banyak warga tidak dapat.  Artinya, data yang kita ajukan itu tak semua direaliasikan oleh Pemkab Bekasi,” ucap Pudin saat ditemui di Kantor Desa, Jumat (8/5) malam.

Menurut Pudin, total bantuan yang diterimanya pihaknya saat ini ada sebanyak 4945 paket, sedangkan data yang diajukan kepada Dinsos Kabupaten Bekasi total ada 6989 KK sesuai pendataan dari masing-masing pengurus RT/RW  di wilayahnya.

“Kurang lebih ada 2044 KK yang kini belum dapat, dan itu kita upayakan agar dapat dengan memaksimalkan bantuan donatur yang masuk ke desa, atau mungkin nanti kita coba alokasi Dana Desa yang ada. Intinya, kami ingin warga yang membutuhkan, atau yang langsung terdampak COVID-19 di wilayah kami ini terakomodir semua,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris RW 09 Sufriady mengakui, bansos dari Pemda Bekasi yang direaliasikan sebanyak 180 KK dari total pengjuan 257 KK. Menurut dia, bantuan ini sangat membantu dan sudah lama ditunggu-tunggu oleh warga dan akhirnya kini turun, meskipun belum sesuai harapan.

“Ya, saya kira bantuan ini sangat membantu dan sudah cukup lama dinantikan warga kami, walaupun belum sesuai harapan karena ada beberapa warga yang tak mendapatkannya. Tentunya, kami berharap semoga Pemda bisa mengakomodir semua warga yang belum dapat,” imbuhnya. (mhf)

Related Articles

Back to top button