Pendidikan

Harap Juknis Keluar Lebih Cepat

Radarbekasi.id – Petunjuk teknis (Juknis) PPDB 2020 untuk SMP di Kabupaten Bekasi diharapkan bisa keluar lebih cepat. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Bekasi Rija Sudrajat mengatakan, berdasarkan pemberitahuan dari dinas pendidikan bahwa pendaftaran sekolah akan dibuka melaui daring mulai 16 Juni 2020. Pihaknya berharap petunjuk teknis (Juknis) bisa keluar sebelum pekan kedua bulan depan.

“Atau, 10 hari sebelum PPDB di mulai. Maksimal 10 juni 2020,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Minggu (17/5).

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa Juknis PPDB saat ini masih dalam pembahasan. “Kalau bicara Juknis sendiri, masih dalam tahapan pembahasan. Kemarin terakhir, tinggal pengesahan dari Disdik untuk di kirim ke Dewan. Beberapa hari yang lalu, baru dirampungkan untuk masalah hukumnya. Setelah itu, barulah sampai ke Bupati untuk di tandatangani (Disahkan.red),” imbuhnya.

Menurutnya, kemungkinan besar PPDB 2020 memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya. Salah satu poin, kata dia, yakni berkenaan dengan syarat pendaftaran calon siswa SMP yang sebelumnya mengacu pada nilai ujian nasional (UN). Sementara pada tahun ini akan melalui konversi nilai prestasi.

“Kemungkinan besar, memang akan banyak perubahan pada PPDB sekarang,” katanya.

Dirinya menambahkan, beberapa sekolah sudah melakukan sosialisasi pendaftaran daring. Respon masyarakat dan gurupun masih menuai banyak pertanyaan.

“Saya sudah membahas dengan guru. Ada ratusan pertanayaan memang. Tapi, untuk menjawabnya, masih menunggu ketentuan juknis,” tukasnya. (dan)

Related Articles

Back to top button