Berita Bekasi Nomor Satu

Lima Jabatan Kepala Dinas masih Kosong

KANTOR BUPATI: Sejumlah warga sedang bersantai di taman Kantor Bupati Bekasi, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Senin (22/6). ARIESANT/RADAR BEKASI
KANTOR BUPATI: Sejumlah warga sedang bersantai di taman Kantor Bupati Bekasi, Desa Sukamahi, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Senin (22/6). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Banyaknya jabatan kosong di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menuai kritik. Sebab kondisi tersebut dinilai memperlambat kinerja organisasi untuk mencapai visi dan misi kepala daerah.

“Kalau posisi pejabat banyak yang kosong, tentunya sangat mengganggu roda organisasi di lingkungan Pemkab Bekasi. Kalaupun kursi Kepala Organisasi Perangkat Daerah itu diisi oleh Pelaksana tugas (Plt), pasti akan mengganggu fokus si pemangku jabatan,” ujar aktivis Mahasiswa dan Pemuda Bekasi, Hasan, Senin (22/6).

Setidaknya ada beberapa pejabat tingkat eselon dua yang kosong. Diantaranya Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, Sekretaris DPRD, dan Staf Ahli Bupati.

Kemudian untuk tingkat eselon tiga, yakni Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Kepala Bidang Fisik Bappeda, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup.

Dari informasi yang dihimpun Radar Bekasi, posisi jabatan yang kosong mencapai ratusan, mulai dari tingkat eselon II, III, dan IV.

Hasan berpendapat, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang mempunyai kewenangan untuk mengisi kesosongan jabatan di lingkungan Pemkab Bekasi.

“Bupati seharusnya lebih cepat mengisi kekosongan tersebut, walaupun ada Plt, sebab kerjanya tidak bisa maksimal. Jadi jangan sampai yang menjadi korban masyarakat, apabila capaian kerja tidak maksimal,” kiritik Hasan.

Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi, Edward Sutarman mengakui, saat ini banyak jabatan kosong yang belum diisi. Tapi dirinya tidak menjelaskan secara rinci berapa jumlah jabatan kosong.

Namun kata Edward, untuk eselon II saat ini ada lima kepala dinas yang masih kosong. Dimana sebelumnya, Kepala BKPPD dan Sekretaris DPRD belum lama ini pejabat-nya kosong.

“Memang ada lima pejabat eselon dua yang kosong. Dimana belum lama ini, Pak Ali dan Pak Kosasih sudah memasuki masa pensiun,” terangnya.

Menurut dia, kebijakan dari Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, ke depan terlebih dahulu direncanakan rotasi mutasi untuk pejabat eselon dua. Kemudian, untuk mengisi jabatan yang kosong, akan dilakukan lelang jabatan (open bidding) bagi calon pejabat yang mau promosi melalui seleksi.

“Untuk pengisian pejabat eselon dua, kedepannya akan dilakukan rotasi mutasi. Baru selanjutnya dibuka lelang jabatan,” pungkas Edward. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin