Berita Bekasi Nomor Satu

Pengurus Forum Anak Kecamatan Cibarusah Dilantik

FAC
DILANTIK: Pengurus Forum Anak Kecamatan (FAC) Cibarusah periode 2020/2022 dilantik, Minggu (20/9) secara virtual. istimewa
FAC
DILANTIK: Pengurus Forum Anak Kecamatan (FAC) Cibarusah periode 2020/2022 dilantik, Minggu (20/9) secara virtual. istimewa

RADARBEKASI.IDPengurus Forum Anak Kecamatan (FAC) Cibarusah periode 2020/2022 dilantik, Minggu (20/9). Pengurus terdiri dari 21 pelajar tingkat SMP, SMA, dan SMK.

Pelantikan ini dilakukan oleh Pendamping Forum Anak Kabupaten Bekasi sekaligus Pembina FAC Cibarusah Adi Pranaya, secara virtual. “Melalui Forum Anak ini kita sama-sama menciptakan Indonesia ramah anak, dengan berbagai kegiatan yang kreatif dan mendukung hal-hal positif lainnya,” tegas Adi.

Adi berharap pengurus FAC Cibarusah dapat mengembangkan inovasi dan kreativitas dengan baik.

Pendamping Forum Anak Kabupaten Bekasi Rahmawati menjelaskan, FAC Cibarusah yang dilantik merupakan kepengurusan kedua. Tujuan dibentuknya Forum Anak adalah mengkomunikasikan pemenuhan hak dan kewajiban anak, media komunikasi organisasi anak, menjembatani pemenuhan hak partisipasi anak, serta sarana pengembangan bakat, minat, dan kemauan anak.

Kunci keberhasilan Forum Anak dalam menjalankan peran dan fungsinya adalah adanya kemauan dan kemampuan anak untuk berperan sebagai pelopor dan pelapor (2P) serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan.

Usai dilantik, FAC Cibarusah akan menjalankan program Forum Anak Saum Asah. Yakni, Cibarusah Pilah Sampah (Cipilas), Cibarusah Berwirausaha (Ciwira), Cibarusah Berbudaya Seni (Cibusi), Cibarusah Sehat (Cisehati), Cibarusah Suka Baca (Cisuba), Cibarusah Suka Menulis (Cisulis).

Manfaat program itu terhadap masyarakat, antara lain meningkatkan pemanfaatan waktu luang anak berkreasi sesuai kemampuannya untuk kegiatan produktif, kreatif, positif, menarik, dan atraktif. Selain itu, mengoptimalkan peran perempuan dalam mengaktualisasikan dirinya sebagai pendamping Rumah Pintar serta menjadi wadah pengembangan kreativitas masyarakat.

Sedangkan manfaat terhadap pemerintah, antara lain bentuk perlindungan dan pemenuhan hak anak, mengoptimalkan peran kaum perempuan di bidang pendidikan, dan mendukung kesuksesan kabupaten layak anak.

“Semoga di tengah pandemi ini mereka bisa tetap semangat dan menjalankan semua program kerjanya dengan baik,” harap Rahmatwati. (dew/oke)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin