Bekasi

Bansos Tahap III Jabar Disalurkan, Cuma Segini Jumlahnya

BEKASI SELATAN, RADARBEKASI.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, kini kembali gulirkan bantuan sosial (Bansos) provinsi yang merupakan periode tahap ketiga.

Adapun total bansos yang didistribusikan kali ini, ditujukan buat 1.907.274 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) di 27 kab/kota, termasuk Kota Bekasi.

“Iya, bansos tahap ketiga Pemrov ini didistribusikan mulai 27 Oktober – 13 November 2020. Termasuk Kota Bekasi,” kata Kabag Humas Pemkot Bekasi, Sajekti Rubiyah lewat pesan tertulis, Kamis (29/10).

Menurutnya, bansos tahap tiga ini merupakan kelanjutan dari bansos tahap pertama dan kedua. Namun, nantinya akan ada dilanjutkan lagi dengan tahap keempat.

“Tapi keterbatasan anggaran yang ada di Pemprov Jabar, demi untuk menyeimbangkan keuangannya itu nomimal bansos tahap ketiga tidak sama dengan tahap I dan II, namun dikurangi menjadi Rp350.000,” ujar Sajekti.

Berdasarkan informasi yang ada, pengurangan nominal telah diatur dalam Pergub 55 tahun 2020, tentang Jaring Pengaman Sosial bagi Masyarakat Terdampak Ekonomi Akibat COVID-19 di Jawa Barat, tertanggal 6 Juli 2020 dan telah mendapat persetujuan DPRD Jabar.

Dimana, pengurangan nominal atas bansos ini mempertimbangkan dari ekonomi yang diproyeksikan sudah membaik, setelah ada pelonggaran aktivitas yang menggerakkan roda ekonomi. Meski demikian, bansos tahap III ini jumlah KRTS bertambah dari sebelumnya 1,3 juta, menjadi 1,9 juta penerima.

Terakhir, untuk komoditi sembako pada tahap III ini, antara lain beras kualitas premium 5 kg, minyak goreng kemasan botol isi 1 liter, kornet 2 kaleng, sarden 3 kaleng, gula pasir 1 kg, garam 500 gram, susu kemasan kotak 5 buah, vitamin C 1 paket, dan masker 4 buah. (mhf)

Back to top button