BekasiBerita UtamaMetropolis

11 Bulan Refund Belum Jelas

Konsumen Apartemen Grand Kamala Lagoon Kecewa

DIKELUHKAN KONSUMEN: Pengendara melintasi depan Apartemen Grand Kamala Lagoon di kawasan Pekayon Bekasi Selatan, Selasa (10/11). Proses refund yang di alami oleh salah satu konsumen hingga 11 bulan tak ada kejelasan.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Konsumen apartemen Grand Kamala Lagoon (GKL) mengeluh dan kecewa lantaran refund (permintaan untuk pengembalian dana pembayaran) yang diajukan kepada pengembang sejak awal 2020 belum memperoleh kejelasan.

Salah satu konsumen yang mengajukan refund ialah Firman Chusniardi. Ia mengeluhkan proses refund uang muka yang tak kunjung selesai selama 11 bulan.

Refund diajukan kepada PT PP Properti selaku pengembang atas pembelian unit apartemen yang berada di tower Victoria, unit S221 dengan alasan pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) tidak disetujui oleh Bank dengan alasan belum berstatus karyawan tetap.

“Sampai sekarang (November) satupun pihak dari Grand Kamala Lagoon nggak ada yang ngontek (menghubungi) sih. Makanya mereka nggak ngontek, saya kontek juga mereka nyuruh tunggu-tunggu,” kata pria yang tinggal di wilayah Kecamatan Rawalumbu tersebut, Selasa (10/11).

Dalam surat pengajuan pembatalan pembelian unit apartemen tertanggal 6 Januari tersebut, sesuai klausul pada surat pemesanan, meminta pengembalian uang pemesanan Rp87.345.268 yang telah dibayarkan selama dua tahun, dipotong uang tanda jadi Rp5 juta.

Setelah menerima form pengajuan dan pengesahan refund, Firman terkejut uang yang dapat diterima hanya Rp69.270.556 setelah dikurangi empat item potongan uang pengembalian mencapai sebesar Rp18 juta (lihat grafis).

Ia mengaku keberatan dengan potongan uang pengembalian sebesar itu. Setelah menunggu terlalu lama proses refund selesai, akhirnya Firman bersedia menerima potongan uang pengembalian tersebut dan meminta sisa uang yang bisa diterima secepatnya.

“Kemarin ada potongan PPN dan PPH itu, selain potongan PPN dan PPH itu ada potongan developer juga tuh, sempat saya komplain juga, tapi nggak tau deh. Ya nggak papa lah di potong yang penting cepet balik (uang muka),” tukasnya.

Meskipun menerima potongan pengembalian uang dengan terpaksa, Firman menyesalkan munculnya item-item potongan yang seharusnya tidak muncul sesuai surat pemesanan unit 2017 lalu.

Sementara, Senior Marketing Manager Grand Kamala Lagoon, Saur Simanjuntak menegaskan, proses refund yang diajukan oleh konsumennya tersebut dalam waktu dekat segera dibayarkan.

“Sudah diapprove (disetujui) pusat, tinggal nunggu dropingan. Bulan ini infonya mau dibayar,” singkatnya saat dikonfirmasi. (sur)

Data

  • Harga unit: Rp436.731.337
  • Uang muka dibayar: Rp87.346.268
  • Sisa hutang: Rp349.385.069

Potongan

  • PPH: Rp1.985.142
  • PPN: Rp7.940.570
  • Biaya developer: Rp5.000.000
  • Biaya pemasaran: Rp3.150.000

Back to top button