Pendidikan

Perdalam Dunia Teknologi Informasi

Faishal Nafis
Faishal Nafis

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Salah satu siswa SMAN 10 Kota Bekasi Faishal Nafis (16) memiliki cara sendiri untuk mengisi waktu luangnya, salah satunya yakni belajar membuat web. ”Untuk manfaatin waktu, aku lagi belajar bikin web,” katanya.

Dia mengaku waktu yang dihabiskan selama pandemi ini, hanyalah didepan komputer saja. “Selama belajar di rumah lebih banyak waktu luang yang dihabiskan dirumah, bingung mau ngapain setelah ngerjain tugas. Ya cuman ngadepin komputer aja cara ngilangin bosen,” ungkap Faishal.

Sejumlah kegiatan yang biasanya dilakukan, cukup membuatnya bosan. Hingga akhirnya munculah ide untuk mempelajari cara pembuatan web Hypertext Markup Languange (HTML).”Sampe aku mikir buat mempelajari pembuatan web ini, emang masih dasar sih ilmu yang aku pelajari, tapi lumayan lah bisa belajar dari sekarang,” tuturnya

Sementara HTML itu sendiri menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman web dan aplikasi. Ini dipelajari secara otodidak melalui beberapa akun youtube yang dilihatnya.

“Belajarnya otodidak aja sih, liat aja cara-cara nya di youtube. Karena belajarnya emang baru mendasar banget,” ucapnya.

Saat ini beberapa hal dalam pembuatan web sudah dipelajari, salah satunya adalah bagian deklarasi, head, body, memasukan gambar, link, dan juga video.   “Bener-bener baru standar banget sih, baru yang kecil-kecilnya aja aku pelajarin. Buat ngisi kekosongan waktu menurut aku ini lumayan bermanfaat, buat nambah- nambah ilmu,” tandasnya.

Menurutnya, dengan banyak mempelajari ilmu teknologi atau digitalisasi, ia dapat mengetahui banyak ilmu dan juga dapat mengimplementasikannya secara langsung. ” Semua sekarang apa-apa berbasi online, menurut aku semua harus dipelajari dari sekarang. Apalagi waktunya tepat banget nih, karena lagi PJJ gini jadi bisa lebih manfaatin waktu,” pungkasnya. (dew)

Back to top button