Pendidikan

Milad ke-63 Uhamka, Dosen dan Karyawan Mendapat Penghargaan

Para penerima Uhamka Awards 2020, Jakarta.

RADARBEKASI.ID, JAKARTA-Uhamka Awards 2020 menjadi pembuka rangkaian kegiatan akbar Milad ke-63 Uhamka. Penghargaan ini diberikan kepada para Civitas Akademika yang telah mengabdikan dirinya untuk berkontribusi secara konsisten dalam upaya mencerdaskan bangsa dan dinilai layak untuk mendapatkan apresiasi.  

Kegiatan Uhamka Awards 2020 ini dilaksanakan di Aula KH. AR. Fachrudin Kampus E FEB Uhamka Pasar Rebo Jakarta Timur dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, disiarkan secara langsung melalui media Virtual Zoom Meeting dan Youtube Channel UHAMKA, ini berlangsung sangat khidmat dan meriah.

Kegiatan bertema besar, “Mencerdaskan Bangsa, Membangun Negeri” yang tentunya tema ini sejalan dan selaras dengan niat besar Uhamka, yaitu mengupayakan terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas serta berkemajuan guna membangun Indonesia yang lebih baik.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Supriyansah menuturkan, bahwa kegiatan ini terselenggara sebagai wujud apresiasi Uhamka kepada para Civitas Akademika yang telah mengabdikan dirinya untuk berkontribusi secara konsisiten dalam upaya mencerdaskan bangsa dan dinilai layak untuk mendapatkan apresiasi. Uhamka Awards dianugerahkan kepada para Dosen yang dinilai berprestasi dalam bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Publikasi Ilmiah. Tak hanya memberikan apresiasi kepada para Dosen yang berprestasi di bidang penelitian, Uhamka Awards juga terselenggara guna memberikan penghargaan kepada para Dosen dan Tenaga Kependidikan Teladan, serta dosen dan tenaga kependidikan dengan masa pengabdian 15 hingga 30 tahun.

Uhamka Awards ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada Dosen dan tenaga kependidikan yang berprestasi dalam melaksanakan Chatur Dharma, serta mengapresiasi loyalitas para Dosen dan tenaga kependidikan selama berada di Uhamka,” ujar Supriansyah.

Selain itu, Supriyansyah menjelaskan terdapat banyak bentuk apresiasi kepada mereka yang berprestasi sesuai bidang kategori yang tercantum, salah satu bentuk apresiasi tersebut pemberian hadiah berupa piagam penghargaan, tropi serta uang tunai.

Supriyansyah menjelaskan, untuk pemenang kategori Dosen berprestasi mendapat hadiah apresiasi berupa piagam penghargaan, tropi, dan uang tunai. Kategori Dosen dan Tenaga Pendidikan teladan mendapatkan penghargaan berupa piagam, dan umrah ke tanah suci Mekkah. Untuk pemenang kategori masa pengabdian Dosen dan Tenaga Pendidikan mendapat hadiah penghargaan berupa logam mulia dengan berat masing-masing untuk pengabdian selam 15 tahun mendapat hadiah 3 gram logam mulia, untuk pengabdian selama 20 tahun mendapat 4 gram, 25 tahun mendapat 5 gram, serta pengabdian selam 30 tahun mendapat penghargaan berupa 6 gram logam mulia.    

Senada dengan ketua pelaksana, Kepala BPH Uhamka Dadang Kahmad memberikan apresiasi terhadap terselenggaranya kegiatan tersebut. Dirinya menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat positif, dimana menurutnya kegiatan ini mampu meningkatkan keinginan setiap Civitas Akademika untuk meningkatkan keinginannya dalam meraih yang prestasi lebih tinggi. Dirinya berharap agar setiap individu menjadi semakin bersemangat dan antusias dalam berkerja serta semakin lebih ikhlas dalam berkarya untuk membangun negeri.

Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro dalam sambutan pembukaan rangkaian kegiatan Uhamka Award ini, menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan achivment dari produktivitas dosen. Dirinya juga menyatakan bahwa Uhamka telah mengupayakan untuk menghadirkan instrumen-instrumen yang berguna untuk memfasilitasi para dosen agar harapannya setidaknya para dosen mampu mempublikasikan riset penelitiannya secara konsisten.

Dia juga berharap dengan target Uhamka kedepannya yang tak hanya terakreditasi unggul namun juga memiliki akreditasi Internasional, dapat menjadi pelecut motivasi bagi para Civitas Akademika utuk semakin meningkatkan produktivitas dalam bekerja dan berkarya.

“Uhamka telah memberikan instrumen bagaimana memfasilitasi para dosen agar mereka mampu, setidaknya dalam satu tahun mampu mempublikasi risetnya secara konsisten, karena kita tak hanya mempunyai target unggul, tapi juga kita harus melakukan akreditasi internasional dan ikut serta dalam perengkingan-perengkingan perguruan tinggi oleh lembaga lembaga internasional. Semoga dengan upaya seperti ini dapat meningkatkan produktivitas para dosen,” tutur Gunawan. 

Gunawan juga menegaskan, Uhamka berkomitmen untuk memperhatikan kesejahteraan para tenaga kependidikan yang telah mengabdi sangat lama untuk Uhamka guna mempersiapkan bekal bagi mereka ketika menjelang masa pensiun.

’’Penghargaan kepada tenaga pendidikan terus kita tingkatkan perhatiannya. Diantaranya memperhatikan kesejahteraannya hingga mempersiapkan mereka menjelang masa pensiun. Kami mendapat masukan masukan-masukan dari teman teman sejawat tenaga kependidikan, untuk diperhatikan hal hal yang terkait kesejahteraan itu,” pungkas Gunawan.

Salah satu pemenang nominasi bidang penelitian, Suswandari menuturkan momen ini merupakan momen yang sangat luar biasa untuk seluruh pihak Civitas dan diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi seluruh pihak Civitas terutama Dosen dan tenaga pendidik.

Suswandari berharap kegiatan ini menjadi langkah awal meningkatkan semangat dalam hal riset dan penelitian. ’’Kita semua dan akhirnya menjadi inspirasi bagi kita semua tentang bagaimana tugas sejati kita sebagai dosen yang ada di perguruan tinggi. Semoga ke depan penghargaan ini semakin meningkat. Menjadi langkah awal untuk semakin bangkit dalam dunia riset untuk kampus kita,” pungkasnya. (rbs/**) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five − 3 =

Back to top button