Berita UtamaPolitik

Cakades Terpilih Harus Profesional

Cakades
ILUSTRASI: Warga memilih calon kepala desa di TPS 23 Mangunjaya Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Minggu (20/12). Sebanyak 16 Desa di Kabupaten Bekasi melakukan Pemilihan Kepala Desa (pilkades).ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – DPD Partai Perindo dan DPD PKS Kabupaten Bekasi menilai kepala desa terpilih harus mendapatkan bimbingan dari Pemkab Bekasi.

Ketua Deputi Ketahanan Keluarga BPKK DPW PKS Provinsi Jawa Barat, Ani Rukmini mengatakan, kepala desa yang terpilih harus lebih profesional dan menampilkan miniatur pemerintahan desa yang good governance clean government.

“Pemerintah harus lebih intens membimbing para kepala desa terpilih,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (21/12).

Perempuan yang juga menjabat ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi ini menyarankan, agar ada regulasi yang mengatur lebih teknis pada pemerintahan desa yang baru ini. Misalkan, kepala desa yang baru ini tidak harus mengganti semua Sumber Daya Manusia (SDM) yang lama.

“Bagusnya ada regulasi yang mengatur lebih teknis, misalnya struktur desa SDM-nya tidak semua harus diganti agar tidak terkesan bongkar pasang, terus ada serah terima jabatan kades lama ke baru tidak hanya seremoni, tapi juga aset-asetnya, termasuk catatan tentang aset,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPD Perindo Kabupaten Bekasi, Budiono. Menurutnya, kepala desa yang baru ini bisa meneruskan program dari kepemimpinan sebelumnya.

Kata dia, hal itu sangat perlu dilakukan agar tidak ada pengerjaan yang mangkrak karena program kepala desa sebelumnya tidak dilanjutkan.

“Program yang sudah berjalan diteruskan oleh kepala desa terpilih. Apabila di desa tersebut petahana kalah, agar tidak ada pekerjaan yang mangkrak,” tuturnya.

Kemudian, pria yang juga anggota DPRD Kabupaten Bekasi ini menegaskan, kepala desa terpilih harus mempunyai program dan inovasi untuk membangun wilayahnya.

“Paling penting harus mempunyai program dan inovasi setelah terpilih, agar desa yang dipimpinnya bisa berkembang dan maju. Tentunya harus ada bimbingan dari Pemkab Bekasi,” tuturnya.(pra)

Related Articles

Back to top button