Ruko Terbakar, Yulianto Tewas

Petugas mengevakuasi jenazah korban kebakaran di ruko Jalan Ir H Juanda No 74 RT05/01, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (22/12/2020). Foto Mhf/RadarBekasi.

RADARBEKASI.ID, BEKASI- Sebuah bangunan ruko tiga lantai terbakar dilalap api di Jalan Ir H Juanda No 74 RT05/01, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (22/12/2020) pagi dinihari. Dalam insiden ini, satu orang ditemukan tewas di bangunan tersebut.

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing mengatakan, kebakaran ruko tiga lantai itu terjadi sekitar pukul 03.30, dan titik api berasal dari lantai dua bangunan tersebut. Saat kejadian, didalam ruko ada dua orang penghuni, satu tidur di lantai tiga dan satu lagi di lantai dua.


“Satu selamat dan satu lagi tewas di lokasi. Yang selamat tidur di lantai tiga. Adapun yang tewas tidur di lantai dua atau titik api dari kebakaran di lokasi,” kata Erna, Selasa (22/12/2020).

Menurut Erna, dua orang penghuni ruko yang pada saat kebakaran ada di dalamnya itu yakni, Yuliani (47) korban selamat dan satu lainnya Yulianto alias Kenken (43) korban yang meninggal dunia. Mereka itu diduga kakak-beradik pemilik dari ruko yang terbakar.


“Keterangan korban selamat, ketika kebakaran dia sempat terbangun karena mendengar ada suara benda terbakar yang berasal dari lantai dua. Kemudian, dia pun mencium dan melihat asap sudah mengepul tebal di dalam ruangan, akhirnya korban berusaha keluar dari ruko melalui lantai atap ruko lantai tiga dan minta tolong kepada warga dengan cara berteriak,” jelasnya.

“Dan dia juga sempat berusaha juga hubungi Pemadam Kebakaran dan saudaranya. Sedangkan, kata dia untuk korban meninggal dikatakan berada di lantai dua, karena kebetulan mereka baru tidur pukul 02.00. Tapi, pada saat kejadian dia tidak sempat melihat atau menolong korban, karena kondisi lantai dua telah dalam kondisi panas dan dipenuhi asap,” sambungnya.

Sementara, lanjut Erna, pukul 04.18 setelah mendapat laporan dari warga petugas Damkar Kota Bekasi datang bersama tiga armadanya dan langsung berupaya memadamkan api. Alhasil, api bisa dipadamkan sekitar pukul 05.30.

Dan setelah petugas masuk ke dalam, akhirnya ditemukan korban meninggal atas nama Yulianto. Dia ditemukan meninggal dalam posisi tidur terlentang, dan mengenakan celana jeans pendek warna biru, dan kaos warna biru di kamarnya.

“Saat ditemukan kondisi tubuhnya itu tidak mengalami luka bakar apa-apa, jadi diduga korban meninggal karena menghirup asap kebakaran,” ungkap Erna.

Kini, Erna menyebut, pasca kejadian Tim Identifikasi Polrestro Bekasi Kota datang ke lokasi dan langsung melakukan olah tkp, dan setelah itu mengevakuasi korban untuk dibawa ke RSUD Kota Bekasi guna proses Visum Et Refertum. Sementara itu, terkait penyebab kebakaran dugaan karena arus pendek listrik.

“Lebih lanjut, kasus ditangani oleh anggota dari Polsek Bekasi Timur guna penyelidikan mendalam,” tutup Erna. (mhf)