Bola

Bermain 10 Orang, AC Milan Melesat ke Puncak Klasemen

Para pemain AC Milan merayakan gol kedua ke gawang Benevento yang dicetak penyerang Rafael Leao (kiri) (4/1) WIB. (Andreas Solaro/AFP Photo)

RADARBEKASI.ID, MILAN-AC Milan merebut kembali puncak klasemen sementara Serie A. Bertandang ke Stadio Ciro Vigorito, Milan membungkam tuan rumah Benevento dengan skor 2-0, Senin dini hari WIB (4/1/2021).

Beberapa jam sebelumnya, rival sekota Milan, Inter, sempat menjadi capolista setelah membantai Crotone dengan skor 6-2.

Namun kemenangan yang juga diraih Milan, membuat mereka kembali ke posisi teratas dengan koleksi 37 poin dalam 15 pertandingan. Milan hanya unggul satu poin atas Inter yang berada di posisi kedua.

Tak mendapatkan pujian karena mereka bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-34 akibat kartu merah gelandang Sandro Tonali. Milan juga dihukum penalti pada menit ke-61. Namun sepakan Gianluca Caprari gagal berbuah gol.

Milan yang masih tak diperkuat Zlatan Ibrahimovic membuka keunggulan pada menit ke-15 melalui penalti. Ini setelah Alessandro Tuia melanggar penyerang Milan Ante Rebic. Franck Kessie tak menyia-nyiakan peluang membawa timnya memimpin dengan sepakan penaltinya.

Roberto Inzigne nyaris menyamakan kedudukan, namun sepakan setengah volinya membentur tiang dekat.

Dalam sebuah duel perebutan bola, Tonali mengangkat kakinya sangat tinggi sehingga mengenai lutut Artur Ionita. Wasit Fabrizio Pasqua awalnya memberikan kartu kuning. Tetapi, setelah melihat rekaman VAR dia memutuskan mengeluarkan kartu merah.

Sepanjang sisa babak pertama, Milan bertahan mati-matian. Saat itu, kiper Gianluigi Donnarumma beberapa kali melakukan penyelamatan penting untuk mempertahankan gawangnya.

Pada menit ke-49, Milan sukses menggandakan keunggulan. Kiper Lorenzo Montipo keluar sarang berusaha mengejar umpan terobosan Rebic. Tetapi, Rafael Leao bergerak lebih cepat. Sambil memutar badan, dia menceploskan bola ke gawang kosong.

Benevento mendapat hadiah penalti pada menit ke-61 ketika Rade Krunic melanggar Pasquale Schiattarella di kotak terlarang. Eksekutor Benevento Gianluca Caprari mengecoh kiper Donnarumma. Namun sepakannya melebar dan gagal menghasilkan gol.

Tuan rumah terus membuang beberapa peluang bagus. Salah satunya ketika Federico Barca melepaskan sepakan voli melebar. Donnarumma kembali menjadi penyelamat ketika berhasil menepis sepakan penyerang Benevento Gianluca Lapadula.

Hakan Calhanoglu hampir mencetak gol ketiga Milan. Tetapi sepakannya dari sudut sempit mampu dihalau kiper Montipo.

“Sekali lagi, setelah bermain dengan 10 orang, kami menunjukkan hati, intensitas, passion, dan kepercayaan diri yang besar. Ini adalah kemenangan besar lainnya,” ucap Allenatore Milan Stefano Pioli kepada Sky Sport Italia.

“Kami tidak membiarkan hasil dari tim lawan menekan kami. Kami menekan diri kami sendiri dan berusaha tampil yang terbaik. Kami memang melakukan beberapa kesalahan, namun kami menunjukkan diri sebagai sebuah kesatuan untuk membawa hasil bagus ke rumah,” tambah Pioli. (jpc)

Related Articles

Back to top button