Berita Bekasi Nomor Satu

Upaya Amatil Indonesia Menjaga Keanekaragaman Hayati melalui Peningkatan Literasi dan Aksi Tanam Pohon

Coca-Cola Amatil Indonesia berkolaborasi dengan Rumah Literasi Hijau dan Taman Nasional Kepulauan Seribu melakukan penanaman bibit pohon bakau di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. FOTO/AMATIL INDONESIA
Coca-Cola Amatil Indonesia berkolaborasi dengan Rumah Literasi Hijau dan Taman Nasional Kepulauan Seribu melakukan penanaman bibit pohon bakau di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. FOTO/AMATIL INDONESIA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Lebih dari 29 tahun Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) berupaya untuk terus mewujudkan bisnis yang keberlanjutan. Berbagai nilai keberlanjutan terwujud melalui nilai-nilai penggerak, antara lain, melalui keberpihakan pada keanekaragaman dan kelesatarian hayati, menjadi dasar perusahaan untuk terus melangkah. Hal ini merupakan upaya perusahaan untuk meninggalkan warisan positif dan memastikan dampak seminimal mungkin terhadap lingkungan hidup.

Salah satu bentuk keberpihakan dalam upaya menjaga keanekaragaman dan kelestarian hayati yang dilaksanakan perusahaan adalah dengan melakukan berbagai kegiatan penanaman pohon, terutama di sekitar area operasional perusahaan.

Desember lalu, dua sekolah yang merupakan program pendampingan sekolah Adiwiyata oleh Coca-Cola Amatil Indonesia bersama Sugar Labinta, yakni SDN Sukadanau 05 dan SDN Kapuk Muara 01, perusahaan mengadakan aksi tanam pohon dalam rangka memperingati Bulan Menanam Pohon dan Hari Menanam Pohon Sedunia. Dalam pelaksanaannya, sebanyak enam puluh bibit pohon langka, seperti kokosan, jamblang, buni, menteng, rukem dan bisbul diserahkan untuk kemudian ditanam di lingkungan sekolah.

Disebutkan oleh Nurlida Fatmikasari, West Java Region Corporate Affairs Manager Amatil Indonesia, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kepedulian dan literasi masyarakat akan peran penting pohon dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan agar warga sekolah; murid, guru dan staf sekolah memahami pentingnya pohon yang merupakan sumber kehidupan bagi manusia dan sangat berperan penting untuk kelangsungan alam. Sehingga tugas kita yang utama adalah menjaga dan merawat pohon di sekitar lingkungan rumah, sebagai lingkungan terdekat bahkan hutan di seluruh dunia,” ucap sosok yang biasa disapa Mieke ini.

Sebelumnya, masih di bulan yang sama, Amatil Indonesia juga melakukan aksi tanam pohon di lokasi lainnya. Kali ini, perusahaan bersama dengan Taman Nasional Kepulauan Seribu dan Rumah Literasi Hijau melakukan penanaman bibit pohon bakau di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Sebanyak 2.000 bibit pohon bakau ditanam pada kegiatan kali ini.

Penanaman bibit pohon bakau tersebut melengkapi penanaman sebelumnya, dimana sebelumnya 1.000 bibit pohon sudah ditanamkan sehingga melengkapi angka 3.000 pohon atau setara dengan 5,4 hektar pohon bakau ditanam selama tahun 2020 kemarin. Langkah ini juga merupakan upaya konservasi lingkungan di pesisir laut untuk menghadapi ancaman erosi, abrasi, dan juga melindungi pemukiman penduduk dari terpaan badai dan angin laut. sekaligus membantu masyarakat

Dengan penanaman pohon, perusahaan berupaya mendukung program yang dapat membantu perlindungan dan regenerasi sistem alam dan keanekaragaman hayati di Indonesia. Di tahun 2019, Coca-Cola Amatil Indonesia telah mendonasikan lebih dari 70.000 pohon melalui Coca-Cola Forest yang berada di tiga lokasi, yaitu Lampung, Sumedang, dan Semarang. (adv)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin