Cikarang

Program Jabotabekpunjur Mulai Direalisasikan

Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi, Dedy Supriadi.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Progres pengentasan masalah banjir yang dinamakan program pembangunan Jakarta Tangerang Bekasi Purwakarta Cianjur (Jabotabekpunjur), tahun ini akan direalisasikan.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriadi. Ia menuturkan, progres pembangunan serta pengentasan banjir yang menjadi tanggung jawab bersama adalah aliran Kali Bekasi, dan Sungai Citarum yang fokus di Bekasi.

Lanjut Dedy, program perencanaan tersebut, sebelumnya diinisiasi oleh para gubernur dan bupati/walikota, dan sudah dipertemukan dengan Kementerian Dalam Negeri serta Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Jadi, masalah banjir ini akan diselesaikan dari hulu ke hilir. Supaya pembangunan bisa terintegrasi, sehingga permasalahan banjir dapat diselesaikan bersama, yakni dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah,” terang Dedy.

Menurutnya, masalah banjir memang tidak dapat diselesaikan hanya oleh Pemerintah Daerah (Pemda), melainkan harus secara bersama, sebab aliran sungai melintas juga dari beberapa daerah. Salah satunya Kali Bekasi, dan Sungai Citarum.

Oleh sebab itu, dengan adanya peran Pemerintah Pusat dan Provinsi melalui program pembangunan Jabotabekpunjur, diharapkan masalah banjir serta pembangunan infrastruktur yang terintegrasi dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Rencana ini sudah disepakati dan dirapatkan pada tahun lalu, pasca menjelang pergantian tahun 2020, saat banjir parah. Dan tahun ini merupakan implementasi perencanaan-nya,” tandas Dedy. (and)

Related Articles

Back to top button