Berita UtamaPendidikan

Pendalaman Materi Jelang UKK

SMKN 1 Cikarang Barat
ILUSTRASI: Siswa SMKN 1 Cikarang Barat mengikuti praktik di sekolah. SMK di Kota dan Kabupaten Bekasi mulai memberikan pendalaman materi bagi siswa sebagai persiapan UKK tahun pelajaran 2020/2021. FOTO: ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota dan Kabupaten Bekasi mulai memberikan pendalaman materi bagi siswa sebagai persiapan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun pelajaran 2020/2021. Penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik itu akan dilaksanakan pada April mendatang.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Bekasi Nopriandi menjelaskan, hampir semua satuan pendidikan saat ini sedang memberikan bimbingan kepada siswa sebagai persiapan UKK.

“Sekarang SMK di Kabupaten Bekasi sedang melakukan pembekalan sebelum pelaksanaan UKK,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (3/3).

Adapun pendalaman materi dilakukan secara tatap muka langsung dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Siswa yang hadir tidak lebih dari seperti tiga jumlah siswa yang ada di kelas.

“Ketentuan dan rulesnya seperti itu, jadi untuk kehadiran siswa juga akan dibatasi. Yang terpenting dalam pemberian materi ini, siswa paham materi kompetensi yang sudah diajarkan sejak kelas X,” ucapnya.

Pembekalan secara tatap muka itu dilakukan guna memastikan kesiapan peserta didik mengikuti UKK. Sebab, selama ini siswa menerima materi secara daring.

“Pembekalan secara tatap muka ini biar siswa benar-benr memahami materi-materi dalam pelaksanaan UKK. Jadi ketika pelaksanaan, siswa sudah paham betul rules dan materinya,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Ketua MKKS Kota Bekasi Boan. Ia mengatakan, selain menyiapkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), pihaknya sedang memberikan pendalaman materi kepada siswa.

“Secara garis besarnya sekolah sedang melakukan berbagai kesiapan jelang pelaksanaan UKK, termasuk di dalamnya yaitu pendalaman materi,” ungkapnya. (dew)

Related Articles

Back to top button