Berita UtamaPolitik

KPU Gencar Sosialisasi Pemilu

KPU KOTA BEKASI
ILSUTRASI : Kantor KPU Kota Bekasi di Jalann Ir H Juanda Kota Bekasi. KPU saat ini disibukan dengan sosialsiasi pemilu dan pengelolaan data pemilih.ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Meskipun pelaksanaan Pemiluhan Umum (Pemilu) 2024 masih tiga tahun lagi, namun Komisi Pemilihan Umum (KPu) Kota Bekasi sudah melakukan sosialisasi sejak jauh hari. Sasarannya, para pemilih pemula.

Komisioner bidang teknis KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa mengatakan, meski tidak ada agenda Pemilu dan Pilkada di daerahnya jajaran KPU tetap memiliki pekerjaan rutin yang harus tetap dijalankan sesuai tupoksi dan bidang masing-masing, misalnya kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih dengan harapan meningkatan partisipasi warga masyarakat, khususnya kaum muda di Kota Bekasi.

“Untuk kegiatan yang sifatnya pendidikan pemilih ini, kita di tahun 2020 kemarin membuat program ‘KPU Goes To Campus yang merupakan salah satu kegiatan sosialisasi. Dan ada beberapa kampus atau universitas yang diajak bekerjasama, seperti Ubhara, Unisma, Bani Saleh, IBM, dan BSI,” kata Ali kepada Radar Bekasi.

“Dan tentu, dalam kegiatan ini kami tetap jalankan arahan Gugus Tugas untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Jadi, agenda dilaksanakan dengan sederhana dan daring juga demi memutus sekaligus mencegah penyebaran dari virus Covid-19,” sambungnya.

Menurut Ali, agenda itu merupakan pekerjaan rutin yang dijalankan KPU di tingkat Kota/Kabupaten dan Provinsi, dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih yang jadi salah satu indikator kunci untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan suatu penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada.”Jadi, dengan semakin tinggi partisipasi pemilihnya, maka penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada akan memiliki nilai atau tingkat legitimasi yang baik,” jelasnya.

Selain tugas itu, lanjut Ali, pihaknya juga disibuk kan dengan pengelolaan data pemilih. “Jadi, ini rutin tiap bulan demi merawat data pemilih kita, misalnya ada yang meninggal atau nggak dan ada warga baru di wilayah atau nggak. Ini kita lakukan bekerjasama dengan Disdukcapil Kota Bekasi dan intansi terkait lainnya,” terang Ali.

Tak sampai disitu, Ali mengakui, dua pekerjaan rutin lain yang terus dilakukan tiap tahun di saat tak ada kegiatan Pilkada dan Pemilu, diantaranya melakukan perencanaan anggaran dengan kemungkinan Pilkada diselenggarakan 2022, 2023, bahkan di 2024 bersamaan dengan Pemilu serentak. Terakhir, KPU juga setiap hari tetap buka untuk memberikan pelayanan publik kepada masyarakat yang memang membutuhkan informasi dan data di KPU.

“Dan terkait pelayanan publik ini, di KPU itu selalu ada ya permohonan dari para mahasiswa yang mau melakukan penelitian berkenaan data hasil Pemilu di sini. Intinya itu, semua ini terus berjalan karena bagian dari tugas rutin di KPU,” tutupnya. (mhf)

Related Articles

Back to top button