Berita Bekasi Nomor Satu

Soal US Daring bisa Manual

ptm
BELAJAR: Siswa SMPN 29 Kota Bekasi mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di kelas, belum lama ini. Siswa mesti mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk US jenjang SMP yang akan dilaksanakan secara daring. FOTO: DEWI WARDAH
ptm
BELAJAR: Siswa SMPN 29 Kota Bekasi mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di kelas, belum lama ini. Siswa mesti mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk US jenjang SMP yang akan dilaksanakan secara daring. FOTO: DEWI WARDAH

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa mesti mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk Ujian Sekolah (US) jenjang SMP yang akan dilaksanakan secara daring antara 5 – 16 April 2021. Namun bila tak memiliki perangkat pendukung di rumah, sekolah bisa memberikan soal ujian secara manual.

Kepala Seksi Kurikulum dan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Kota Bekasi Mawardi menjelaskan, pelaksanaan US pada pekan depan diselenggarakan secara daring. Namun, pihaknya memberikan pengecualian.

“Pelaksanaanya harus daring, kecuali yang tidak memiliki gadget atau sarana pendukung di rumah. Sekolah dapat memberikan soal ujian secara manual untuk dikerjakan siswa,” ujar Mawardi kepada Radar Bekasi, Rabu (31/3).

Ia berharap, satuan pendidikan bisa memastikan seluruh siswa IX mengikuti US. Menurut Mawardi, penentu kelulusan siswa pada tahun ini berdasarkan nilai akhir yang diperoleh dari nilai rata-rata rapor dan nilai US.

“Nanti ada yang namanya nilai akhir, jadi nilai rapor disatukan dengan nilai US. Nah, hasil itu yang akan menjadi salah satu penentu kelulusan siswa,” jelasnya.
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Bekasi Rudi Winarso menjelaskan, rentang waktu pelaksanaan US yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi dapat dilaksanakan sesuai dengan kesiapan sekolah masing-masing.

“Kan diberikan waktu pada tanggal 5-16, nah sekolah dapat memilih pelaksanaanya. Jadi boleh dilaksanakan pada tanggal 5 ataupun di tanggal lain sesuai dengan rentang waktu yang diberikan,” katanya.

Namun pihaknya memprediksi sekolah akan melaksanakan US pada 5 April 2021. Pasalnya, satuan pendidikan akan memanfaatkan minggu kedua kegiatan lainnya.

“Sepertinya semua sekolah akan melaksanakan US diminggu pertama, karena minggu kedua sekolah dapat membuat ujian susulan dan merekap nilai siswa,” katanya.

Sampai dengan saat ini, soal U sudah melewati evaluasi dari pengawas pembina di masing-masing sekolah. Kisi-Kisi juga sudah diberikan oleh pihak sekolah kepada siswa.

“Sepertinya sudah semua sekolah rampung menyelesaikan soal US, sekolah juga sudah memberikan standar kelulusan kepada siswa,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan US ada 11 mata pelajaran yang akan diselenggarakan. Yaitu Matematika, Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Bahasa Sunda, Seni Budaya, Prakarya dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).

US akan dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan rata- rata waktu pengerjaan soal yang diberikan selama 120 menit. Setiap hari siswa akan diberikan 2 mata pelajaran.

Labih lanjut, pihaknya telah menginformasikan kepada sekolah agar dapat menghimbau kepada siswa untuk menyiapkan sarana dan prasana (sarpras) yang dibutuhkan. Siswa juga dapat memastikan jaringan internet dapat distabilkan selama US berlangsung.

“Sekolah sudah kami himbau untuk memberikan informasi kepada siswa, agar mempersiapkan sarana yang dibutuhkan. Seperti gadget atau laptop dan jaringan internet, tidak lupa sekolah juga mengingatkan siswa untuk fokus belajar selama pelaksanaan US berlangsung,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin