Berita Bekasi Nomor Satu

9 Hari Terlelap Siang Malam, Echa Si Putri Tidur Akhirnya Bangun  

TAK TEGA: Mulyadi memandangi putrinya, Siti Raisa Miranda yang tertidur sejak awal April tadi. Gadis 16 tahun itu menderita kelainan langka Kleine-Levin syndrome (KLS). | FOTO: WAHYU RAMADHAN/RADAR BANJARMASIN
TAK TEGA: Mulyadi memandangi putrinya, Siti Raisa Miranda yang tertidur sejak awal April tadi. Gadis 16 tahun itu menderita kelainan langka Kleine-Levin syndrome (KLS). | FOTO: WAHYU RAMADHAN/RADAR BANJARMASIN

RADARBEKASI.ID, BANJARMASIN – Tiga hari jelang bulan Ramadhan, Echa si ‘Putri Tidur’ asal Banjarmasin, akhirnya terbangun usai 9 hari terlelap. Echa bisa duduk sendiri meski badannya lemah. Si Putri Tidur asal Banjarmasin, Kalsel ini bernama lengkap Siti Raisa Miranda atau Echa (17). Echa mengalami gejala tidur panjang akibat sindrom langka hipersomnia.

Beberapa hari terakhir ini, orang tua Echa yaitu Mulyadi dan Lili, cemas karena putrinya kembali mengalami gejala tidur panjang. Echa sempat dibawa keluarga ke RSUD Dr Ansari Saleh, Banjarmasin, karena kondisi tidur panjangnya kembali datang sekitar 9 hari yang lalu.

Setelah 9 hari terlelap siang dan malam, Mulyadi mengatakan hari ini, Sabtu (10/4), putrinya itu sudah bangun. Namun kondisi Echa masih lemah di atas tempat tidur.

“Udah bangun pagi tadi sekitar pukul 09.00 WITA, bisa duduk sendiri meski masih lemah,” kata Mulyadi kepada wartawan, Sabtu (10/4).

Total terhitung sudah sembilan hari Echa tertidur lelap siang dan malam. Echa tidur sejak awal April lalu dan bangun tiga hari jelang bulan Ramadhan. “Jadi hari kesembilan ini Echa sudah bangun,” katanya. Sebelumnya, Mulyadi menyebutkan, Jumat malam (2/4) kondisi anaknya masih tertidur. Sejak itu, Echa dibawa ayahnya ke rumah sakit untuk rawat inap. Selama tiga hari di RS Ansari Saleh, anaknya ini belum juga bangun.

Akhirnya Echa dibawa pulang ke rumah, karena hasil pemeriksaan medis di RS Ansari Saleh, normal-normal saja. Pada 2017 lalu, Si Putri Tidur Banjarmasin ini pernah mengalami gejala serupa. Pada waktu itu, Echa sempat tertidur selama 13 hari.

Hipersomnia adalah kondisi yang membuat seseorang merasa mengantuk yang berlebihan pada siang hari. Kondisi ini juga dapat terjadi meski seseorang itu sudah tidur dalam waktu yang lama. Hipersomnia dapat disebut denga excessive daytime sleepiness (EDS).(oke/ral/int/pojoksatu)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin