Berita Bekasi Nomor Satu

Tips Bersepeda Aman dan Nyaman ketika Berpuasa  

Pesepda melintasi jalan tanah di Desa Pantai Harapan Jaya Muaragembong Kabupaten Bekasi. FOTO: ARIESANT/RADAR BEKASI
GOWES: Pesepeda melintasi jalan tanah di Desa Pantai Harapan Jaya Muaragembong Kabupaten Bekasi. FOTO: ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Olahraga sepeda menjadi tren selama pandemi Covid-19. Memasuki bulan Ramadan, Anda yang hobi bersepeda, masih bisa sehat dan bugar meski sedang berpuasa.

Dalam webinar bersama Rumah Sakit Universitas Indonesia, Founder Good Ride Bike Café dan Ketua Harian Formasindo (Forum Masyarakat Sepeda Indonesia) Nikko Priambodo membagikan tips bersepeda yang aman dan nyaman saat berpuasa seperti di bawah ini.

  1. Waktu Bersepeda

Sebelum bersepeda, pilihlah waktu yang pas. Bisa di pagi hari usai Subuh atau sore saat puasa.

2. Kondisi Tubuh

Pastikan sepeda siap digunakan dan tubuh sedang fit. Konsumsi makanan yang cukup saat sahur, makan gizi seimbang. Bersepeda sesuai kondisi badan (30 menit di awal bulan puasa, 1 jam setelah terbiasa).

3. Jalur Sepeda

Pastikan jalur yang akan diambil adalah jalur yang sesuai dengan sepeda yang digunakan, sudah dikenal, serta tidak terlalu ramai.

4. Perlengkapan

Pastikan perlengkapan keamanan bersepeda digunakan (khusus pandemi ditambah masker dan hand sanitizer), simpan HP dan barang-barang berharga di tempat yang aman, fitting/sesuaikan sepeda, lakukan pemanasan, dan yang terpenting jangan lupa berdoa.

5. Aturan selama Pandemi

Masker selalu on, bersepeda dalam kelompok kecil, selalu menjaga jarak, patuhi peraturan-peraturan di trek yang dilalui, fokus saat bersepeda. jangan melakukan manuver yang mendadak, usahakan selalu berada di bagian kiri jalan jika di jalan raya, berhenti/ubah posisi setiap sekitar 15 km atau satu jam.

6. Usai bersepeda

Lakukan pendinginan, mandi dan bersihkan diri, serta istirahat untuk pemulihan. Kuncinya Smart (small group, masker on, arm protected, green route, dan right time) sehingga bersepeda dapat dilakukan dengan aman. (oke/jpc)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin