Berita Bekasi Nomor Satu

Bareskrim Beberkan Nama Asli Jozeph Paul Zhang

Jozeph Paul Zhang

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Bareskrim Polri membeberkan nama asli Youtuber Jozeph Paul Zhang yang menghina Islam dan Nabi Muhammad SAW. Nama aslinya Shindy Paul Soerjomoelyono.

“Sesuai data perlintasan, namanya Shindy Paul Soerjomoelyono,” kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi, Senin (19/4/2021).

“Paul Zhang itu nama akun YouTube-nya,” tambahnya.

Shindy Paul Soerjomoelyono alias Jozeph Paul Zhang tercatat meninggalkan Indonesia menuju Hongkong pada 11 Januari 2018. Sejak itu, Jozeph Paul Zhang ini belum pernah kembali ke Indonesia. Dulunya, Jozeph Paul Zhang ini menetap di Salatiga, Jawa Tengah pada tahun 2016 lalu. Rumahnya pun masih mengontrak saat itu dan bekerja sebagai tukang jual komputer.

Pelecehan itu disampaikan Jozeph dalam forum diskusi via zoom bertajuk ‘Puasa Lalim Islam’ yang juga ditayangkan di akun YouTube pribadinya. Sebagai YouTuber, Jozeph menyadari bahwa ucapannya berpotensi dilaporkan ke polisi. Meski begitu, Jozeph menyatakan tidak gentar. Dia menyebut laporan ke polisi merupakan resiko pekerjaan sebagai seorang youtuber.

“Gua udah bilang sama juga, ada beberapa teman kan cerita yang youtubers youtubers yang diancam-ancam, gua bilang ini kan resiko kerjaan,” ucap Jozeph, dikuti Pojoksatu.id dari akun YuouTube miliknya, Jozeph Paul Zhang, Sabtu (17/4).

BACA JUGA: Kapolri Turun Tangan Soal Jozeph “Nabi” ke-26

Menurut Jozeph, bagi seorang youtuber, potensi salah ucap itu cukup besar, sehingga konsekuensinya masuk penjara atau mati.

“Kalau menjadi youtubers segera tampil, kita salah ngomong apa, itu sudah resiko kerjaan,” ucapnya.

“Jadi kalau sudah resiko kerjaan, kita kan sudah tahu resikonya, kalau tidak masuk penjara, ya mati,” tambah Jozeph.

Jozeph mengingatkan kepada para youtuber agar membagikan nomor rekeningnya saat masuk penjara.

“Kalau masuk penjara, jangan lupa kasih nomor rekening. Kita nanti siarkan di sini nomor rekeningnya supaya kalian di penjara bisa melipir, kita support uangnya di sini,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Jozeph Paul Zhang melecehkan agama Islam. Ia menantang warga untuk melaporkannya ke polisi. Pria berkacamata itu melecehkan Islam saat menjadi pembicara bertajuk ‘Puasa Lalim Islam’ dalam forum via Zoom yang juga ditayangkan di akun YouTube pribadinya.

“Tema kita hari ini puasa lalim Islam. Luar biasa, lu yang puasa gua yang laper! Ha-ha-ha. Gubrak gubrak,” ucap Jozeph.

Dalam forum diskusi tersebut Jozeph Paul Zhang mengaku sebagai nabi ke-26. Ia mebuka sayembara untuk siapa saja yang berani melaporkannya ke polisi karena menista agama Islam.

“Gua kasih sayembara. Gua udah bikin video. Saya udah bikin video tantangan. Yang bisa laporin gua ke polisi gua kasih uang yang bisa laporin gua ke polisi penistaan agama,” katanya.

“Nih gua nih nabi ke-26, Jozeph Paul Zhang, meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabulullah,” tambah Jozeph Paul Zhang.

Jozeph Paul Zhang mengatakan akan memberikan hadiah uang Rp1 juta kepada setiap pelapor.

“Kalau Anda bisa bikin laporan polisi atas nama penistaan agama, gua kasih 1 laporan Rp 1 juta. Maksimal lima laporan. Supaya nggak bilang gua ngibul kan jadi kan Rp 5 juta,” katanya.

Jozeph menyarankan agar laporan dibuat di wilayah polres berbeda.

“Saya kasih 1 laporan Rp 1 juta. Jadi lima laporan Rp 5 juta,” kata Jozeph Paul Zhang yang ternyata belakangan diketahui bernama asli Shindy Paul Soerjomoelyono. (oke/ral/int/pojoksatu)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin