Berita Bekasi Nomor Satu

Seimbangkan Karir dan Rumah Tangga

Kompol Armayni
Kompol Armayni
Kompol Armayni
Kompol Armayni. FOTO: RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Bagi kaum perempuan, keberhasilan mengurus rumah tangga tentunya menjadi tujuan utama, selain sukses di luar rumah dalam mengurus karir.

Terlebih, kesempatan meniti karir di semua bidang terbuka. Termasuk di tubuh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Meski begitu tentunya perhatian kepada keluarga tidak boleh dikesampingkan.

Sosok Polisi Wanita (Polwan) Indonesia tentu ingat dengan Jeanne Mandagi, Jenderal wanita pertama dalam jajaran Polri, ia juga dikenal sebagai tokoh peduli perempuan. Dalam satu literatur, ia dikenal sebagai sosok feminim, keibuan, berani, dan peduli terhadap generasi muda, di masa purna ia masih dipercaya sebagai penasehat ahli Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Sosok ini kiranya pas dengan sosok perempuan yang sukses dalam meniti karir dan mengurus rumah tangga seperti yang diungkapkan oleh Kapolsek Bekasi Kota, Kompol Armayni. Menurutnya, antara karir dan rumah tangga harus seimbang dan sejalan.

“Jadi keduanya harus sama-sama jalan, kadang ada yang mikirnya karir terus, tapi keluarganya terbengkalai, yang namanya kesetaraan gender, kita sukses di pekerjaan dan sukses di rumah tangga,” ungkap Polwan asal Minang ini.

Di tubuh Polri, Armayni menilai pimpinan telah melihat dan memberikan peluang lebar kepada Polwan. Dibuktikan dengan sejumlah posisi strategis yang diduduki oleh Polwan, mulai dari Kapolda, Wakapolda, Kasat, Kapolres, hingga Kapolsek.

“Jadi sudah mulai bertambah untuk kesetaraan gendernya sudah lebih baik,” tambahnya.

Apa yang dirasakan oleh perempuan saat ini tentu tidak lepas dari perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini. Baginya sosok RA Kartini merupakan sosok perempuan yang berfikir maju. Maka perempuan harus menunjukkan kualitas diri, melepaskan stigma bahwa wanita adalah sosok yang bekerja hanya di dalam rumah, dapur, sumur, dan kasur.

Wanita sudah selayaknya membuktikan kualitas untuk dapat beraktivitas di luar rumah, bekerja berdampingan dengan laki-laki dalam meniti karir.

“Nah sekarang perempuannya itu sudah harus memperlihatkan kekuatannya untuk bersaing dengan para pria, ibaratnya kesetaraan gender,” tukasnya.

Jadikan Personel Bagian Keluarga

Satu-satunya Kapolsek Perempuan di Kota Bekasi, Kompol Armayni mengajak anggotanya untuk bekerjasama mengayomi masyarakat dan menegakkan hukum serta menjaga keamanana dan kondusivitas.

Meski sebagai Kapolsek perempuan, Armayni mengaku tidak kesulitan menjalankan tugasnya di wilayah hukum Polsek Bekasi Kota. Semua anggota diperlakukan layaknya anak yang membutuhkan bimbingan dan pembinaan dari pimpinan untuk kerja bersama.

“Kalau dibilang kesulitan sih buat saya pribadi tidak ada, karena bagi saya mereka (anggota) itu adalah anak-anak saya, walaupun mereka lebih muda dari saya,” ungkapnya.

Bagi perempuan berjiwa Kartini, ada sosok yang memotivasi untuk berkarir dengan baik. Bagi Armayni, sosok Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI), Tri Rismaharini merupakan sosok yang diidolakan dari kalangan perempuan.

Risma dipandang sebagai sosok yang tangguh dan mampu berdiri setara dengan laki-laki.”Itu menjadi acuan bagi kami juga, saya sebagai Kapolsek ingin seperti beliau,” tutur mantan Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa, Tanjung Priok ini.

Jabatan menteri sosok perempuan idolanya bukan berarti bebas memerintah orang dibawah yang dipimpin, melainkan menganggap sebagai anak yang musti dibimbing dan dilindungi, persis seperti yang ia lakukan selama memimpin anggota di Polsek Bekasi Kota. (sur)

BIODATA

  • Nama                    : Kompol Armayni
  • Lahir                      : Padang, 45 Tahun

Pendidikan         :

  • TK, SD, SMP, SMA Negeri di Padang
  • S1  Universitas Bung Hatta Padang
  • S2  Pendidikan Polisi dari Perwira Polri Sumber Sarjana (PPSS) Universitas Jayabaya, Jakarta,

Karir

  • Pamapta Puskodal Polda Sumbar
  • Kaur Sahlur DitPers Polda Sumbar
  • Bensat Ditpers Polda Sumbar
  • Kaur Bankum Biskum Polda Sumbar
  • Kaur Rapkum Bidkum Polda Metro Jaya
  • Pok Advokat Bidkum PMJ
  • Panit 1 unit 2 Subdit 1 Ditreskrimum PMJ
  • Kanit 4 Subdit 1 Ditreskrimum PMJ
  • Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa Polres Pelabuhan Tanjung Priok PMJ
  • Kapolsek Bekasi Kota Polres Metro Bekasi Kota PM

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin