Berita Bekasi Nomor Satu
Bola  

Preview Leg 1 Persija vs Persib: Macan Kemayoran Tertantang Akhiri Rekor Persib Bandung

Pertandingan Persija vs Persib di SUGBK, Juli 2019 lalu. ft/igpersija
Pertandingan Persija vs Persib di SUGBK, Juli 2019 lalu. ft/igpersija

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – Duel klasik tersaji dalam partai puncak Piala Menpora 2021. Persija Jakarta berhadapan dengan Persib Bandung. Pada leg pertama final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, malam ini, Persija akan bertindak sebagai tuan rumah.

Melihat performa sejak babak penyisihan grup yang belum meyakinkan, Andritany Ardhiyasa dkk harus bekerja lebih keras jika ingin mengalahkan tim Maung Bandung –julukan Persib. Ya, di Piala Menpora 2021, Persib tampil solid. I Made Wirawan dkk belum tersentuh kekalahan. Mereka juga menjadi tim paling produktif. Yaitu, mencetak 12 gol dari 6 pertandingan yang sudah dilakoni. Persib juga belum pernah kalah sejak 2020.

Namun, Macan Kemayoran –julukan Persija– tak keder dengan catatan mentereng sang rival. Juara Liga 1 musim 2018 itu malah tertantang untuk mengakhiri torehan positif Persib tersebut. Pelatih Persija Sudirman mengakui bahwa Persib lebih superior. Apalagi jika dibandingkan skuadnya yang sempat tertatih-tatih di babak penyisihan grup B.

’’Memang kami tidak sempurna dalam Piala Menpora ini. Kami pernah kalah. Tapi, yang pasti, grafik kami selalu naik dalam setiap pertandingan,’’ ucapnya.

Menurut Sudirman, skuadnya berada dalam kepercayaan diri tinggi. Setelah menyingkirkan PSM Makassar dalam laga dramatis pada 19 April lalu, Andritany Ardhiyasa dkk menjadi sangat bersemangat menatap dua laga final. Khususnya bertemu Persib.

’’Ya, Persib adalah tim yang belum pernah kalah. Tapi, insya Allah di akhir pertandingan Persib akan kalah oleh Persija,’’ tegasnya.

BACA JUGA: Preview Leg I Final Piala Menpora Persija vs Persib: Bukan Sekadar Perang Bintang

Disinggung soal persiapan, Sudirman menyebut tidak ada masalah. Bahkan, meski hanya punya dua hari untuk persiapan, dirinya sudah memberikan evaluasi kepada anak asuhnya.

’’Kami juga sudah mengevaluasi kelebihan-kelebihan dari Persib dan kelemahan-kelemahannya. Yang mungkin kelemahan itu akan kami coba manfaatkan,’’ bebernya.

Mantan kapten timnas itu mengungkapkan, mental para pemainnya sudah sangat siap untuk melakoni laga klasik di final melawan Persib.

’’Yang paling penting dalam pertandingan ini adalah bagaimana mental-mental pemain kami kuat untuk menghadapi segala serangan atau permainan dari Persib,’’ paparnya.

Gelandang Persija Marc Klok mengaku sudah tidak sabar untuk bertanding. Apalagi, laga melawan Maung Bandung malam ini menjadi pertandingan pertamanya dalam duel klasik.

’’Saya suka main di pertandingan yang besar. Main lawan tim besar. Dan besok (malam nanti) ada kesempatan untuk ambil piala juga. Target kami adalah ambil juara Piala Menpora,’’ ucapnya.

Sementara itu, pelatih Persib Robert Rene Alberts menyatakan, skuadnya siap meladeni Persija yang berambisi menghentikan rekor apik Persib. ’’Para pemain ingin jadi yang terbaik di turnamen ini. Kami juga ingin mempertahankan rekor tersebut,’’ tuturnya.

Disinggung soal lini pertahanan Persija yang kuat, karena hanya kebobolan 3 kali dalam 6 pertandingan yang sudah dijalani di Piala Menpora 2021, Alberts menegaskan tidak masalah. Menurut mantan pelatih Arema itu, timnya punya tipikal bermain menyerang dan pasti akan bisa menembus pertahanan berlapis lawan.

’’Juga harus diingat, sepak bola adalah bagaimana mencetak gol lebih banyak dari tim lawan. Jika kamu menang 2-1, kamu menang. Jika menang 3-2 juga menang. Yang paling penting adalah memenangkan pertandingan dan kami akan berusaha melanjutkan apa yang sudah dilakukan di turnamen ini,’’ pungkasnya. (oke/jpc)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin