Berita Bekasi Nomor Satu

Polisi Tangkap Anggota BNN Gadungan

LAKUKAN INTEROGASI: Pihak kepolisian sedang melakukan interogasi terhadap pria yang mengaku sebagai anggota BNN, di jalan HOS Cokroaminoto, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. IST/RADAR BEKASI
LAKUKAN INTEROGASI: Pihak kepolisian sedang melakukan interogasi terhadap pria yang mengaku sebagai anggota BNN, di jalan HOS Cokroaminoto, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Seorang pria bernama Andi (30), yang mengaku sebagai anggota Badan Narkotika Nasional (BNN), berhasil dibekuk Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Bekasi.

Aksi pelaku ini berhasil diketahui saat pihak kepolisian yang sedang melakukan penyekatan jalur mudik di Jalan HOS Cokroaminoto Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, memberhentikannya.

Dari tangan pelaku, pihak kepolisian berhasil mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) BNN, serta obat-obatan jenis tramadol. Berdasarkan pengakuan pelaku, dirinya melakukan itu karena diperintahkan oleh pamannya untuk membantu pihak kepolisian memberantas narkoba. Kata dia, perjalanannya ini hendak menjemput teman yang tinggal di Kecamatan Sukatani.

“KTA ini saya dikasih sama Om, biar bisa bantu kepolisian memberantas narkoba. Saya mau ke Sukatani jemput teman,” ujarnya saat dimintai keterangan mengenai aksinya, Sabtu (24/4).

Sementara itu, Waka Satlantas Polres Metro Bekasi, Kompol Bait Ferdinand menjelaskan, penangkapan ini bermula ketika petugas curiga lantaran pelaku memborgol seseorang di depan pintu masuk Terminal Cikarang.

“Awalnya kami sedang melakukan penyekatan dan melihat ada yang membawa orang yang diborgol. Kami curiga, akhirnya diamankan, dan memeriksa identitas pengemudi dan penumpangnya,” ujar Bait.

Kepada petugas, pelaku mengaku sebagai anggota BNN. Namun setelah diinterogasi lebih lanjut, pelaku bukanlah anggota BNN.

“Saat itu, pelaku membawa korban hasil tangkapannya dari sebuah apotek. Dia mengaku sebagai anggota BNN, dan si korban disuruh ikut ke kantor pelaku,” ucap Bait.

Polisi kemudian bertanya dan meminta surat tugas kepada pria yang mengaku sebagai anggotta BNN tersebut. Surat tugas adalah salah satu bukti otentik kebenaran identitas dan penugasannya.

Namun, pria yang berperawakan badan kurus menggunakan kemeja putih tersebut, tak bisa menunjukkan apa yang diminta polisi, malahan memamerkan benda lain (lencana,Red) yang sudah dipastikan palsu.

“Palaku hanya memperlihatkan lencana lambang BNN atau ID card palsu yang ia bawa, tapi tidak menunjukan surat tugas sebagai anggota BNN,” terang Bait.

Pelaku pun langsung dibawa ke Polres Metro Bekasi untuk dimintai keterangannya. Jika terbukti pelaku menggunakan atribut BNN palsu untuk mengeruk keuntungan buat pribadi, maka pelaku terancam dipenjara. Petugas kepolisian juga berhasil menyita sepeda motor Beat dengan No Pol B 4414 BRN. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin