Berita Bekasi Nomor Satu

Pulang Mudik, Ratusan Petani Jalani Tes Swab

DATA PETANI: Petugas kepolisian mendata para petani agar melakukan tes swab antigen gartis, karena diketahui sempat melakukan mudik Idulfitri. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ratusan petani yang berada di Desa Sukatenang, Kecamatan Sukawangi, menjalani tes swab antigen gratis. Sebab, para petani tersebut diketahui sempat mudik Idulfitri.

Petugas kepolisian harus menghampiri para petani yang sedang berada di lahan garapan-nya satu persatu. Dan mereka diminta untuk melakukan tes swab antigen di Puskesmas Sukatenang, Kamis (20/5).

Kapolsek Tambelang, AKP Sodirin mengungkapkan, data para petani yang sebelumnya melakukan mudik, diperoleh dari tingkat Rukun Tangga (RT) sampai dengan Rukun Warga (RW). Oleh karena itu, kata Sodirin, pihaknya harus menjemput para petani yang sedang berada di sawah, agar kondisinya bisa diketahui pasca mudik Idulfitri.

“Kami mendatangi langsung para petani untuk dilakukan tes swab antigen. Karena mereka sebelumnya melakukan perjalanan mudik,” tuturnya kepada Radar Bekasi, Kamis (20/5).

Sodirin berharap, dengan dilakukan-nya tes swab antigen ini, bisa memutus penyebaran wabah Covid-19, yang saat ini sedang mengalami lonjakan di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Dengan adanya tes swab antigen ini, diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah hukum Polsek Tambelang,” ucap Sodirin.

Para petugas kepolisian yang mendatangi para petani ke area persawahan itu, sempat membuat panik. Sebab, para petani tidak dapat informasi sebelumnya, bahwa para petugas akan mendatangi secara langsung. Walaupun sebenarnya, para petani tersebut sebelumnya sempat mudik.

Seperti yang diungkapkan salah satu petani, Hahrudin (40), dirinya mengakui sempat mudik ke kampung halaman-nya di Indramayu. Dan baru kali ini dilakukan tes swab antigen.

“Saya memang sempat mudik ke kampung halaman untuk berlebaran. Namun Alhamdulillah, setelah di menjalani tes swab antigen, hasilnya negatif,” bebernya.

Selain itu, sebagian petani yang mudik sebelumnya, memilih untuk datang sendiri ke tempat tes swab antigen gratis di Puskesmas Sukatenang, tanpa harus dijemput. Para petani ini ingin mengetahui kondisinya pasca mudik pada Idulfitri lalu.

Kegiatan serupa juga dilakukan Polsek Cikarang Timur, di mana petugas Satgas Covid-19 yang berada di wilayah Cikarang Timur, melaksanakan kegiatan jemput warga yang diketahui mudik untuk diadakan tes swab antigen secara gratis, Kamis ( 20/5).

Lokasinya berlangsung di Kampung Tangguh Jaya (KTJ), Desa Jati Reja, yang dipimpin langsung oleh Waka Polsek Cikarang Timur, AKP Agus Suganda. Dalam kegiataan tersebut, team Satgas Covid-19 Kecamatan Cikarang Timur, melakukan sistem door to door ke kediaman warga yang mudik.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya penyebaran Covid 19. Dan kami juga mengimbau kepada warga yang mudik, untuk tetap melakukan isolasi mandiri, walaupun hasilnya negatif,” harap Agus. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin