Berita UtamaPendidikan

Diklat CKS Dibagi Dua Gelombang

Kepala KCD Pendidikan Wilayah III Asep Sudarsono

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III telah menerima jadwal pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (diklat) Calon Kepala Sekolah (CKS) dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS).

“KCD sudah mendapatkan jadwal pelaksanaan diklat CKS, tahun ini pelaksanaannya dibagi menjadi 2 gelombang,” ujar Kepala KCD Pendidikan Wilayah III Asep Sudarsono kepada Radar Bekasi, Minggu (23/5).

Pelaksanaan diklat secara tatap muka dibagi dua gelombang guna menghindari kerumunan yang dapat menimbulkan penyebaran Covid-19. Selain itu, karena terkendala Learning Management System (LMS) sebagai salah satu komponen dalam model blended learning.

“Kenapa di bagi menjadi 2. Pertama karena terkendalanya LMS tersebut, kemudian ketersedian anggaran dan masih berlakunya masa pandemi,” tuturnya.

Diklat gerlombang pertama dijadwalkan pada 25 Mei 2021 sampai 2 September 2021. Sedangkan gelombang 2 akan dilaksananakan pada Juli sampai Oktober 2021.

“Seperti yang terlampir dalam undangan diklat, gelombang kedua baru diinfokan bulan pelaksanaanya saja. Untuk tanggal pelaksanaan masih menyusul,” jelasnya.

Jumlah peserta diklat akan dibagi menjadi beberapa kelas yaitu kelas A sampai F. Masing-masing kelas akan diisi oleh 20 peserta CKS. Untuk CKS wilayah III, yang akan melaksanakan diklat sebanyak 4 orang. Yaitu dari SMAN 3 Tambun Selatan, SMAN 5 Kota Bekasi, SMKN 1 Kota Bekasi dan SMKN 15 Kota Bekasi.

“Dari 24 CKS, 4 diantaranya akan mengikuti diklat di gelombang pertama. Sisanya akan mengikuti diklat pada gelombang kedua,” katanya. KCD sudah melakukan pembekalan kepada CKS berupa berupa motivasi serta tips dan trik mengikuti diklat.

Salah satu CKS Sjamsiah mengaku sudah mempersiapkan untuk mengikuti diklat. “Persiapan yang dilakukan umum ya, karena masih pandemi. Utama kita harus membawa perlengkapan prokes dan mempersiapkan materi-materi terkait manajerial kepala sekolah,” tukasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button