Berita Bekasi Nomor Satu

Siswa Mulai Persiapan Jelang Pendaftaran

ILUSTRASI: Sejumlah operator berada di SMAN 1 Cibitung Kabupaten Bekasi. Sejumlah pelajar SMP yang akan melanjutkan ke SMA/SMK mulai melakukan persiapan jelang pendaftaran PPDB tahun ajaran 2021/2021. ISTIMEWA
ILUSTRASI: Sejumlah operator berada di SMAN 1 Cibitung Kabupaten Bekasi. Sejumlah pelajar SMP yang akan melanjutkan ke SMA/SMK mulai melakukan persiapan jelang pendaftaran PPDB tahun ajaran 2021/2021. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah pelajar SMP yang akan melanjutkan ke SMA/SMK mulai melakukan persiapan jelang pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2021. Yakni unggah nilai rapor dan isi titik koordinat pada laman http://sekolah.ppdb.disdik.jabar.jabarprov.go.id.

Siswa SMPN 26 Kota Bekasi Chintia Istiqomah mengatakan, pihaknya tak mengalami kesulitan saat unggah nilai rapor dan isi alamat. Namun, diakui laman sempat mengalami gangguan.

“Sebenarnya gak susah, karena cuma ngecek-ngecek alamat dan nilai yang salah aja. Tapi waktu mau masuk sempat eror, padahal internetnya lancar banget,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (1/6).

Lebih lanjut dikatakannya, proses itu dilakukannya dengan teliti agar tak terjadi kesalahan. “Harus teliti karena takut ada salah penulisan nilai,” katanya.

Dikatakannya, kendala gangguan pada laman juga dialami oleh sejumlah temannya. Mereka bahkan terpaksa meminta bantuan dari pihak sekolah untuk unggah nilai rapor dan isi alamat.

Hal senada disampaikan oleh siswa SMPN 29 Kota Bekasi Anisa Fatin Septiani. “Untuk saat ini sih aman-aman aja, aku bisa login untuk isi nilai dan alamat,” ungkapnya.

Anisa berharap proses ini tidak mengalami kesalahan hingga kedepan. Sehingga ketika pendaftaran PPDB dibuka mulai 7 Juni 2021 dapat berlangsung dengan lancar.

“Semoga aja tidak ada kesalahan, jadi bisa ngikutin PPDB dengan lancar,” ungkapnya.

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III Asep Sudarsono menjelaskan, sekolah wajib memberikan bantuan kepada siswanya apabila mengalami kendala dalam proses PPDB.

“Wajib membantu apapun kesulitan siswa, karena dalam proses PPDB ini kita harapkan bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Asep.

KCD menghimbau agar sekolah tidak menolak siswa yang meminta bantuan dalam proses PPDB. Sebab, hal itu sudah tercantum dalam petunjuk teknis (juknis) PPDB.

“Jangan sampai ada sekolah yang menolak, jika siswanya meminta bantuan. Karena sudah tertuang dalam juknis juga, bahwa sekolah dalam hal ini harus membantu jika siswanya memiliki kesulitan untuk login atau proses lainnya,” tukasnya.

PPDB jenjang SMA/SMK pendaftaran tahap satu akan dibuka pada 7-11 Juni 2021. Sedangkan pendaftaran tahap kedua akan dibuka pada 25 Juni-1 Juli 2021. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin