BekasiCovid-19Features

Gotong Royong Warga RT 07 RW 06 Mustikajaya, Kota Bekasi Lawan Covid-19

Iuran Bulanan Disubsidi, Ketahanan Pangan Sembako, Handsanitizer Gratis dan Desinfektan Bersubsidi

Warga Grand Permata, Mustikajaya, Kota Bekasi, menitipkan sembako dan bantuannya untuk anggota perumahan yang sedang menjalani isolasi mandiri. Foto Erwyn/Istimewa.

Pandemi Covid-19 di Kota Bekasi membuat warga semakin meningkatkan solidaritas kemanusiaannya. Sikap saling asah, asih dan asuh tercermin dalam kehidupan sehari-hari mereka.

ZAENAL ARIPIN, BEKASI

Solidaritas kemanusiaan itu terekam dalam praktik kehidupan masyarakat di komplek Perumahan Grand Permata RT 07 RW 06, Mustikajaya, Kota Bekasi.

Nilai-nilai kepedulian, gotong royong, dan semangat menolong sesama mereka sangat terasa di sini. Bahkan, tak berubah sedikit pun sampai pandemi Covid-19 mendadak merebak sejak Maret 2020 lalu. Justru ikatan kemanusiaan itu kian kencang ketika Kota Bekasi saat ini dibekap situasi darurat Covid-19.

Sebanyak 140 Kepala Keluarga (KK) di RT 07 bahu membahu membantu keluarga yang terpapar Covid-19. Baik-yang saat itu masih berstatus- Orang Dalam Pengawasan (ODP), Pasien Dalam Pemantauan (PDP). Hingga yang sudah dinyatakan Positif terpapar Covid.

Ketua RT 07 Erwyn Kurniawan cekatan menghadapi pandemi ini. Bersama para pengurus RT yang dipimpinnya serta Satgas Covid-19 setempat dan warga sekitar, mereka menyusun program aksi melawan Covid. Manfaat program tersebut langsung dirasakan saat Covid pertama kali datang di perumahan mereka. Keberlangsungan manfaatnya berlanjut hingga sekarang.

Lalu, apa sih programnya? Ketua RT 06 Erwyn Kurniawan kepada Radar Bekasi, mengungkapkan ada sejumlah program yang diluncurkan, yaitu Program Ketahanan Pangan Sembako, Handsanitizer Gratis, Desinfektan Bersubsidi dan Subsidi Iuran Bulanan. Semua program itu bersumber dari donasi warga dan Kas RT.

Untuk merealisasikan program-program itu, pertama kali dia menerapkan program penggalangan dana sukarela untuk pencegahan Covid-19. Dana sukarela itu dibelanjakan untuk sembako berisi beras 5 kilogram dan minyak 2 liter. Sembako tersebut kemudian dibeli warga dengan harga di bawah normal. Bagi keluarga yang terpapar mendapatkan subsidi sembako ini.

Hingga saat ini, sambung Erwyn sudah banyak keluarga di lingkungan RT 07 memetik manfaat program-program itu.

Dia merinci, dalam catatannya para penerima manfaat program dari aksi Tim Satgas Covid-19 RT 07 RW 06 Grand Permata Mustika Jaya, sebagai berikut:

1. Ada 15 KK yang isoman sejak Maret 2020-Juni 2021.

2. Ada 20 KK yang mendapatkan subsidi iuran bulanan dari Juni 2020-sekarang (bayar hanya Rp30 ribu atau 50 persen dari iuran bulanan normal).

3. Ada sekitar 50 KK yang menerima manfaat Program Ketahanan Pangan Sembako Bersubsidi yang dilaksanakan sebanyak 4 kali.

5. Ada 130 an KK yang menerima manfaat Program Handsanitizer Gratis dan Disinfektan Bersubsidi.

“Program ini berjalan karena tingginya jiwa kepedulian dan kebersamaan warga. Saya sebagai Ketua RT hanya memfasilitasi saja. Kuncinya ada di warga, Tim Satgas dan Pengurus RT,” ungkapnya, Kamis (24/6/2021).

Dia meyakinkan pengelolaan dana untuk program-program tersebut, yang berasal dari donasi warga dan kas RT dipastikan dapat dipertanggungjawabkan.

“Dana pengelolaan keuangan yang transparan, akuntabel dan prudent,” imbuhnya.

Dia juga optimistis, bahwa wabah ini bisa dilawan dengan kebersamaan. Sebab mereka yang positif bukan sedang mendapatkan aib. Mereka harus dirangkul dan didukung. “Insya Allah jadi sembuh karena secara psikis terbantu dan tidak merasa dikucilkan,” tandasnya. (*)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button