Berita Bekasi Nomor Satu

Lulusan SMA Lanjut Kuliah Meningkat

ILUSTRASI: Siswa SMA Tulus Bhakti menunjukkan hasil kelulusan melalui gawai kepada temannya. DEWI WARDAH
ILUSTRASI: Siswa SMA Tulus Bhakti menunjukkan hasil kelulusan melalui gawai kepada temannya. DEWI WARDAH

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III klaim lulusan SMA yang melanjutkan ke perguruan tinggi meningkat pada tahun ini.

“Jumlahnya meningkat, meskipun belum diketahui jumlah keseluruhan angkanya. Tetapi dilihat dari hasil laporan beberapa sekolah angkanya memang meningkat,” kata Kepala KCD Pendidikan Wilayah III Asep Sudarsono kepada Radar Bekasi, Selasa (29/6).

Menurutnya, angka meningkat tertuju pada perguruan tinggi di dalam kota. Sementara untuk luar kota angkanya sedikit menurun.

“Meningkatnya dilihat dari dalam kota atau wilayah Jawa Barat, tapi kalo untuk melanjutkan perguruan tinggi di luar kota memang menurun,” katanya.

Dijelaskan, menurunnya angka melanjutkan perguruan tinggi di luar kota karena beberapa faktor. Salah satunya ekonomi atau izin orang tua karena adanya pandemi Covid-19.

“Karena faktor ekonomi, kalau di luar kota kan anaknya harus ngekos dan biayanya lebih tinggi. Lalu dari izin orang tua, yang mungkin agak takut untuk melepaskan anaknya jika keluar kota,” ucapnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Bekasi Didi Rosidi mengatakan, siswa yang melanjutkan  ke perguruan tinggi secara persentase mencapai 40 persen.

“Kalau tahun ini kita belum dikasih data pasti dari KCD, jadi tidak bisa dilihat persentasenya. Tapi kalo untuk tahun lalu SMA di Kabupaten Bekasi, masuklah di angka 40 persen yang melanjutkan perguruan tinggi,” katanya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin