Berita Bekasi Nomor Satu

Sukseskan Vaksinasi, Polres Sasar Kawasan Kumuh

BERIKAN BERAS: Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan, memberikan bantuan beras kepada warga usai mengikuti kegiatan vaksinasi, di kawasan kumuh, Cikarang Utara dan Cibitung, Kabupaten Bekasi, belum lama ini. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Polres Metro Bekasi, menyasar warga yang tinggal di pemukiman kumuh, untuk menjalani vaksinasi. Gerai vaksinasi didirikan di sejumlah wilayah, diantaranya Cikarang Timur, Cikarang Utara dan Cibitung, serta wilayah lain yang ada di Kabupaten Bekasi.

Demi kelancaran kegiatan tersebut, Polres Metro Bekasi, menyiapkan gerai vaksinasi keliling untuk warga.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan, bertujuan untuk memberikan daya tahan tubuh untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Oleh sebab itu, pada kegiatan vaksinasi itu, pihaknya menyasar warga masyarakat kelas bawah yang tinggal di lingkungan padat penduduk, yakni di Desa Hegarmanah, Cikarang Timur dan Kampung Simpangan Cikarang Utara, serta wilayah Cibitung.

Hendra mengatakan, setiap gerai vaksinasi, disediakan 200 dosis vaksin serta 200 paket sembako yang siap diberikan kepada masyarakat setelah divaksin oleh petugas medis.

“Kami akan rutin mengadakan vaksin keliling sekaligus memberikan bantuan sosial (bansos) bagi warga yang terdampak ekonominya, akibat Covid-19 ini, apalagi saat ini kan kegiatan masyarakat benar benar dibatasi,” ucap Hendra, belum lama ini.

Sekadar diketahui, masyarakat yang sudah divaksin juga mendapatkan paket sembako yang berisikan, bahan pokok, seperti beras, mie, gula, dan minyak.

Hendra menambahkan, pelaksanaan vaksinasi difokuskan ke lokasi permukiman padat penduduk, dan tempat yang menjadi potensi besar terjadinya penularan.

“Jadi, ini sebagai upaya membantu pemerintah dalam percepatan pemberian vaksin ke masyarakat. Diharapkan, dengan banyaknya warga divaksin, maka akan tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok,” terangnya.

Sementara Kasatlantas Polres Metro Bekasi, AKBP Argo Wiyono menjelaskan, gerai vaksinasi keliling itu akan dilakukan di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Bekasi.

Titik kumpul pelaksanaan vaksinasi, itu di lingkungan atau wilayah padat penduduk, tempat potensinya penyebaran Covid-19, seperti di pusat perbelanjaan, pasar maupun lingkungan yang sedang menjadi klaster Covid-19.

“Lokasi vaksinasi ada di pasar, di kantor desa, hingga ke RT RW yang lingkungan-nya padat, serta sedang terjadi klaster,” tutur Argo.

Untuk mengikuti kegiatan vaksinasi keliling, kata Argo, masyarakat cukup membawa KTP, dan terlebih dahulu dilakukan skrining oleh tenaga kesehatan.

Pihaknya telah menyiapkan vaksinator dari Tim Biddokes Polres maupun bekerjasama dengan pihak Puskesmas, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

“Setiap kali kegiatan, target atau disiapkan 200 dosis vaksin, dan kami juga sedaiakan paket sembako. Pelaksanaan-nya, tiap hari itu bisa satu atau dua lokasi, besoknya beda tempat lagi, begitu seterusnya,” bebernya.

Salah seorang warga Kampung Bugel, Salam Yenti (45), mengaku senang bisa mengikuti vaksinasi gartis dan mendapatkan paket sembako.

Menurutnya, dirinya mau divaksin, dengan harapan dapat mencegah penularan virus corona. Selain itu juga, ada pembagian sembako.

“Alhamdulillah sangat senang, selain bisa di vaksin gratis, juga dapat sembako. Niatnya memang mau divaksin, untuk menjaga kesehatan dan mencegah terpapar virus Covid-19,”  tandas Yenti. (and)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin