Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksin Jamaah LDII

Illustrasi : Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19, yang dilaksanakan oleh jamaah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, belum lama ini. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meninjau vaksinasi yang diselenggarakan oleh jamaah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).

Pada kegiatan tersebut, Panglima TNI dan Kapolri, memberikan bantuan 10 ton beras ke Padepokan Pencak Silat Persinas ASAD, belum lama ini.

Vaksinasi kali ini, khusus untuk warga usia 12 tahun ke atas. Ketua Umum DPP LDII, Chriswanto Santoso, menyampaikan perkembangan pelaksanaan vaksinasi yang sudah dilakukan Puskesmas Cipayung, bekerja sama dengan LDII dan Ponpes Minhaajurrosyiddin.

“Vaksinasi ini dimulai 14 Juni 2021, dengan peserta para santri dan warga sekitar pesantren. Setelah kami berkoordinasi dengan pimpinan kecamatan, tempat yang memungkinkan untuk dilakukan secara berkelanjutan. Selama masih dibutuhkan, kami siap membantu,” ujar Chriswanto.

Kepala Puskesmas Cipayung, Rini Muharni, mengungkapkan, vaksinasi di Padepokan Persinas ASAD Ponpes Minhaajurrosyidin, sudah terdaftar sekitar 18.000 orang, dan yang telah divaksin mencapai 15.000 orang.

“Rata-rata perhari, 800 hingga 1.000 orang yang divaksin,” kata Rini. Hingga saat ini, kegiatan vaksinasi terus berjalan, dan tempat vaksinasi pria dan wanita, terpisah, meskipun dalam satu lokasi.

Terkait kerja sama dengan TNI-Polri, LDII telah melakukan vaksinasi di berbagai wilayah. DPP LDII, terus memetakan daerah-daerah yang memungkinkan kerja sama, antara Polda dan Kodam di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami sekarang sudah berkoordinasi dengan jajaran Pangdam dan Polda. Saat ini DPW Sulsel sudah bekerja sama dengan Kodam Hasanuddin. Sementara DPW Kalbar, sudah bekerja sama dengan Polda,” terang Chriswanto.

Ia menambahkan, LDII siap membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19, dengan menargetkan anak usia 12-18 tahun. Setiap hari, melayani sebanyak 2.000 anak. Selama vaksin masih ada, dianjurkan anak-anak bisa vaksin di Ponpes Minhajurosyidin. Vaksinasi anak ini sebagai bentuk kerjasama LDII dengan TNI-Polri, serta Dinkes DKI.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto kembali mengingatkan, target pemerintah dalam program vaksinasi nasional, meningkat jadi dua juta orang per harinya. Ia optimistis, dengan lokasi Padepokan ASAD dan kerja sama yang baik antara LDII, Ponpes Minhajurrosyiddin, Puskesmas Cipayung, dan TNI-Polri, target bisa tercapai.

“Tempat ini sesuai, karena sirkulasinya bagus, terbuka dan lapangan luas. Kami berikan motivasi kepada panitia, dengan hadir ke sini melakukan peninjauan kegiatan. Seandainya target ke depan ditambah dua sampai tiga juta orang, kami akan menambahkan kembali jumlah tenaga kesehatan (nakes),” ucapnya.

Sementara itu, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi Ponpes Minhaajurrosyidin dan DPP LDII, yang telah ikut berperan dalam program vaksinasi nasional Covid-19. Hal tersebut berpengaruh besar untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity yang memerlukan kerja sama semua pihak.

“Ini kedua kalinya kami ke sini. Terima kasih kepada panitia, atas pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal ini,” beber Listyo.

Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Barat, Dicky Harun juga mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19, baik untuk warga LDII maupun untuk masyarakat umum.

Pasalnya, kegiatan ini sebagai wujud mendukung program pemerintah, agar terbentuknya herd immunity masyarakat. Sejauh ini, ada beberapa DPD kota/kabupaten yang sudah melaksanakan kegiatan vaksinasi. Antara lain DPD Kota Bandung, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

“Sudah seyogyanya LDII mendukung pelaksanaan vaksinasi ini. Jika sudah tercapai herd immunity di masyarakat, mudah-mudahan bisa terwujud new normal, dan masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti biasanya,” harap Dicky. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin