Berita Bekasi Nomor Satu

Jumlah Pendaftar CPNS Menurun

ILUSTRASI: Sejumlah CPNS yang lulus pada seleksi 2019 lalu ketika menerima SK di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi. DOK/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bekasi mencatat jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menurun dari jumlah tahun 2019 lalu.

Dari total 632 kuota penerimaan, pendaftar di angka 2.000. Berbeda pada tahun 2019, pendaftar mencapai 6.000 orang padahal kuota hanya 156 .

“Dari dua formasi yang disiapkan Kota Bekasi sampai sekarang sudah 2.000 CPNS dan PPPK yang terdaftar dan terdata di kita,” kata Kepala BKPPD Kota Bekasi, Karto kepada Radar Bekasi , Minggu (25/7).

Untuk tahun ini, lanjut dia, kuota formasi memang lebih banyak dari tahun 2019 lalu. Kuota yang disiapkan tahun 2021 ini sebanyak 632 orang untuk CPNS dan PPPK. Sedangkan, tahun 2019 lalu kuota yang disiapkan 156.

“Ya lebih sedikit yang mendaftar dan tahun ini.Sementara lebih banyak kuotanya ya dari tahun 2019 lalu. Sekarang dibuka untuk 632 kalau tahun lalu hanya 156 saja,” ucapnya.

Karto sapaan akrabnya juga menjelaskan, tahun 2019 lalu yang mendaftar mencapai 6.000 orang.

Data tahun 2019, peserta lulus tes CPNS sebanyak 156. Terdiri dari Guru sebanyak 106

Tenaga kesehatan sebanyak 41, Teknik Penyehatan Lingkungan tiga orang, Teknik Tata Bangunan dan Perumahan, dua orang, Pranata Komputer tiga orang dan Penata Ruang satu orang.

CPNS tahun 2021 ini, kuota tenaga kesehatan sebanyak 203, tenaga teknis 29 orang. Tenaga Guru atau PPPK 400 orang.

“Ya saat ini para pendaftar di CPNS dan PPPK sudah terdaftar dan memenuhi syarat administrasi. Nanti akan dilakukan seleksi lagi,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, nantinya para calon akan berkurang usai mengikuti seleksi berikutnya. Seleksi sendiri akan dilakukan di Kota Bandung.

Lebih lanjut, prosesnya melalui daring atau online. Pendaftaran akan berakhir pada 26 Juli 2021 pukul 00.00.

Diakuinya jumlah pendaftar kemungkinan akan bertambah di hari terakhir pendaftaran hari ini.

Ia pun menyarankan kepada para peserta yang mendaftar atau memasukkan data diri sesuai dengan data yang ada atau data yang dimiliki. Karena apabila data yang dimasukkan tidak sesuai, maka tidak akan bisa masuk.

Dirinya juga memastikan tidak ada CPNS yang dibawa oleh pejabat atau titipan. Karena Seleksi CPNS sangat ketat.

“Ya kecuali kalau pintar ya udah pasti akan terpilih. Intinya tidak ada ya titipan atau bawaan pejabat. Saya harap peserta dapat melengkapi persyaratan sesuai yang diminta,” tukasnya. (pay)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin