Berita Bekasi Nomor Satu

Pelebaran Jalan Serang-Cibarusah Kembali Molor

MACET PANJANG : Pengendara bermotor melintas di Jalan Cikarang-Cibarusah, Kabupaten Bekasi, kondisinya macet panjang, Minggu (1/8). Rencana pelebaran jalan tersebut, belum juga terealisasi. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG SELATAN – Untuk mengatasi masalah kemacetan setiap hari di Jalan Serang-Cibarusah, diharapkan anggaran yang sudah dialokasikan untuk pembebasan lahan bisa segera diselesaikan.

Sekadar diketahui, pembangunan untuk pelebaran jalan tersebut, tidak bisa dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), jika pembebasan lahan tak kunjung rampung.

“Saya sudah menginstruksikan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan), untuk membuat tim khusus penanganan pelebaran Jalan Serang –Cibarusah,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, saat meninjau langsung ke lokasi, akhir pekan lalu.

Ia berharap, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga bertugas di lingkungan Pemprov Jabar, dapat berkomunikasi dan berkoordinasi untuk percepatan pembangunan serta pelebaran jalan yang sering dikeluhkan oleh masyarakat.

“Saya harapkan, tahun ini pembebasan lahan sudah rampung. Jadi, bulan Januari sampai dengan Februari, sudah bisa dikerjakan,” tegas Dani.

Kemudian, apabila ada kekurangan, kata dia, agar pelebaran jalan pada tahun ini dapat diajukan dalam anggaran perubahan. Dengan target, tahun ini pembebasan lahan rampung, sehingga Dinas Bina Marga Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dapat melakukan pelebaran.

Sementara itu, menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disperkimtan, Muchlis, terdapat 17 titik bidang tanah yang belum selesai pembebasan lahan-nya. Sehingga, pelebaran jalan dimulai dari Kandang Roda sampai dengan pertigaan Jalan Raya Serang-Setu, sepanjang kurang lebih 2.300 meter.

“Rencana pembebasan Right of Way (RoW) jalan yang akan diambil sepanjang 21 meter, lebar badan jalan existing 7 meter. Sementara, 8 meter sisi barat jalan, diukur dari bibir pengerasan jalan, dan 6 meter sisi timur jalan, diukur dari bibir pengerasan jalan,” ucapnya.

Adapun urgensi pelebaran jadi prioritas yang harus dilakukan, disebabkan kemacetan selalu menjadi keluhan masyarakat. Apalagi, jalan tersebut merupakan jalan utama yang menopang mobilitas masyarakat, di mana sebagian besar, bekerja sebagai karyawan perusahaan di kawasan Hyundai, EJIP, dan Delta Silicon. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin