PLN UPT Bekasi Siap Tingkatkan Pelayanan Pelanggan

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Guna mengupayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik khususnya kepada masyarakat dan pelanggan PLN di Wilayah Provinsi Jawa Barat, PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) melakukan program pemekaran organisasi dengan membentuk Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Bekasi. Unit ini merupakan hasil pemekaran dari Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Karawang yang mulai beroperasi per 2 Agustus 2021 lalu

dengan diresmikan secara langsung oleh General Manager PLN UIT JBT, Sumaryadi, pada Jumat (13/08) lalu. Kegiatan seremonial tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti, gunting pita dan pemotongan tumpeng.


Dalam sambutannya, Sumaryadi menyampaikan, bahwa tujuan dari program pemekaran ini adalah untuk mengoptimalkan kinerja pelayanan kepada masyarakat dan pelanggan. Adapun sebelum dimekarkan, cakupan wilayah kerja PLN UPT Karawang cukup luas dan kompleks, terdiri dari 5 kabupaten.

“Cakupan wilayah kerja dan Pelanggan PLN UPT Karawang yang sangat kompleks dan luas ini mendorong kita untuk melakukan pemekaran organisasi. Harapannya, dengan adanya UPT Bekasi ini, kita akan lebih responsif terhadap kebutuhan masyakarat terutama pelanggan,” jelas General Manager PLN UIT JBT, Sumaryadi.


Adapun UPT Bekasi memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan di bidang pemeliharaan transmisi, gardu induk dan sistem proteksi termasuk didalamnya memastikan keandalan pasokan listrik baik disistem 70 KV, 150 KV maupun 500 KV, dengan cakupan wilayah kerja meliputi Kabupaten dan Kota Bekasi, serta sebagian Kabupaten Karawang.

Saat ini, UPT Bekasi mengelola jaringan transmisi sepanjang 438,8 KMS, 23 Gardu Induk, yang terdiri dari 3 GITET, 18 GI 150 KV dan 2 GI 70 KV serta trafo berkapasitas 6.160 MVA yang terbentang dan tersebar di Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi serta sebagian Kabupaten Karawang. Selain itu, UPT Bekasi juga memiliki 8 pelanggan Konsumen Tegangan Tinggi, serta 7 Produsen Oksigen yang listriknya dipasok dari GI/GITET di wilayah UPT Bekasi.

“Kami mohon doa dan dukungan sehingga di masa Pandemi ini, kami dapat melaksanakan amanah baru ini untuk memberikan pelayanan optimal, baik kepada masyarakat dan pelanggan termasuk didalamnya Rumah Sakit, Sentra Vaksinasi dan juga produsen oksigen, yang tersebar di Kabupaten dan Kota Bekasi serta sebagian Kabupaten Karawang,” ungkap Manager UPT Bekasi, Yaya Supriman. (*)