Berita Bekasi Nomor Satu

Tes CPNS Wajib Swab

ILUSTRASI: Tenaga kesehatan ketika melakukan swab test kepada warga. Pada tes CPNS 2021, peserta yang akan mengikuti tes diwajibkan menjanali swab test PCR atau rapid test antigen. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI
ILUSTRASI: Tenaga kesehatan ketika melakukan swab test kepada warga. Pada tes CPNS 2021, peserta yang akan mengikuti tes diwajibkan menjanali swab test PCR atau rapid test antigen. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tengah Pandemi Covid-19  ini sedikit berbeda. Aspek kesehatan menjadi perhatian penting sebelum menjalani tahapan seleksi.

Peserta yang sudah lolos tes administrasi, bakal dihadapkan kembali pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Namun pada tahapan seleksi itu, peserta harus dinyatakan bebas Covid-19 dengan menunjukkan hasil swab tes RT PCR (H-2) atau  rapid test antigen (H-1).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bekasi, Karto mengatakan, terkait jadwal tes SKD pihaknya belum menerima  informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia.

“Memang hingga saat ini kita belum menerima laporan atau info dari Menpan RB kapan Tes SKD nya,” kata Karto kepada Radar Bekasi saat dihubungi, Selasa (24/8).

Kemudian, lanjut dia, hasil persetujuan satgas Cobid-19 terhadap pelaksanaan tes SKD CPNS 2021, arahan dari satgas Covid-19 BNPB, peserta wajib swab test RT PCR  (H-2) atau rapid test antigen (H-1) dengan hasil negatif.

Selain itu, peserta di lokasi diwajibkan menggunakan masker 3 ply dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker) dan khusus peserta di Jawa, Madura dan Bali wajib sudah divaksin dosis pertama.

“Arahan dari Satgas Covid-19 BNPB itu saat akan mengikuti tes SKD nya. Hal tersebut sudah disampaikan dalam persyaratan tes SKD,” ucapnya.

Ia juga mengaku, rencana Tes SKD bagi para CPNS itu akan dilaksanakan di Bandung. Dan bagi peserta P3K kapan dan dimana tes akan berlangsung itu belum ada kabar dari Kemendikbud Ristek.

“CPNS tesnya di Bandung kalau P3K belum ada kabar ya kita dari Kemendikbud,” ujarnya.

Sedangkan, untuk peserta yang nantinya ikut tes SKD wajib mengikuti arahan BNPB harus swab test serta rapid test antigen. Pemerintah Kota Bekasi diakuinya telah menyediakan lokasi yang menyediakan swab dan rapid test antigen secara gratis.

Peserta bisa datang ke Puskesmas, dan lokasi-lokasi yang telah disiapkan oleh Pemkot Bekasi secara gratis. “Kita siapkan swab dan rapid test antigen gratis. Kita sesuaikan dengan surat edaran,” terangnya.

Ia mengaku tak bisa memastikan kapan akan berlangsung tes SKD nya. Karena tahun 2019 lalu saja tes SKD berlangsung pada tahun 2020.  “Kita akan menunggu jadwal tes SKD dari Menpan-RB ya. Untuk peserta agar bersabar,” ungkapnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin