Berita Bekasi Nomor Satu

Jemput Bola Vaksinasi Warga

VAKSIN RUMAH KE RUMAH: Tenaga medis menyuntikan vaksin Covid-19 Pfizer secara door to door di Kawasan Harapan Mulya, Medansatria, Kota Bekasi, Selasa (31/8).RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, MEDAN SATRIA – Kegiatan vaksinasi door to door dilakukan Kelurahan Harapan Mulya, dengan mendatangi langsung warga. Tujuannya sebagai upaya percepatan vaksinasi dan memudahkan warga yang akan divaksin.

Lurah Harapan Mulya, Rena Nurwangianten mengatakan, vaksinasi door to door dilakukan selama lima hari di sejumlah lingkungan RW yang ada di wilayahnya. Program tersebut sekaligus menyisir warga yang belum tersentuh vaksinasi.

“Kami bergerak jemput bola, supaya warga ikut dalam proses vaksinasi,” kata Rena sapaan akrabnya kepada Radar Bekasi saat dihubungi, Rabu (1/9).

Rena mengaku, kegiatan vaksinasi secara door to door tersebut, sudah berlangsung selama lima hari dan kemarin hari terakhir. Pelaksanaannya dimulai dari Jumat (27/8) sampai Rabu (1/9).

“Pelaksanaannya sudah berlangsung lima hari, karena memang sebelum sebelumnya kan massal dan ada di beberapa titik. Nah untuk ini karena banyak yang tidak mau vaksin dengan berbagai alasan, Sehingga kita lakukan sistem vaksinasi secara door to door ini agar masyarakat bisa melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Adapun untuk pelaksanaan vaksinasi jenis vaksin yang diberikan adalah Pfizer dengan menyasar utaanya warga KTP Kota Bekasi dan luar Bekasi yang belum divaksin.

“Pastinya seluruh warga yang belum dapat vaksin kita akan vaksin. Warga yang tinggal di Harapan Mulya yang memiliki KTP luar daerah kita tetap lakukan vaksin kalau mereka belum Vaksin. Tetapi yang diutamakan untuk penduduk Harapan Mulya,” paparnya.

Diketahui pada pelaksanaan program tersebut vaksinasi yang diberikan sebanyak 200 vial, dan untuk satu vial vaksin dapat digunakan untuk enam orang.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengapresiasi wilayah yang melakukan vaksinasi secara door to door ke rumah-rumah warga.

Hal tersebut dapat mempercepat herd immunity di wilayah masing-masing, sehingga target vaksinasi 70 persen di Kota Bekasi bisa cepat tercapai.

“Saya apresiasi kepada pihak kelurahan yang mau door to door ke warga untuk melakukan vaksin. Dengan cara seperti itu akan meningkatkan lebih cepat herd immunity di wilayah,” katanya.

Ia Juga mengaku, warga Kota Bekasi yang menjadi target vaksinasi mencapai 2.016.006 jiwa. Sasarannya, SDM Kesehatan, Lansia, petugas publik, masyarakat rentan dan umum serta remaja.

“Untuk Dosis pertama mencapai 828.588 ribu atau 41,10 persen. Dosis kedua 400.413 atau 19,86 persen dan dosis ketiga 6.965 atau 0,35 persen. Vaksinasi akan terus berjalan hingga target tercapai,” tukasnya. (pay/one)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin