Berita Bekasi Nomor Satu

Baru Tiga Parpol yang Melapor

Kepala Kesbangpol Kota Bekasi, Cecep Suherlan

RADARBEKASI.ID, BEKASI TIMUR – Tiga Partai Politik (Parpol) baru sudah melaporkan keberadaannya di Kota Bekasi. Ketiganya yakni Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), partai Ummat dan Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas).

“Iya, sudah ada tiga parpol baru yang melaporkan keberadaannya. Tapi mereka itu baru minta persyaratan, belum mengajukan kembali berkasnya kepada kami untuk bisa dinyatakan terdaftar sebagai parpol baru,” kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bekasi, Cecep Suherlan.

Cecep menyebut, setiap parpol baru yang akan menjadi peserta Pemilu 2024 itu semua wajib terdaftar di Kesbangpol sebelum mengikuti tahapan Pemilu oleh KPU tingkat Kota/Kabupaten, sekalipun legalitas mereka sudah terdaftar di Kemenkumham RI sebagai badan hukum.

“Setiap parpol wajib melapor kepada kami, dan setelah itu baru ikuti tahapan KPU. Yang jelas, kami berharap keberadaan mereka ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Ya, Parpol peserta Pemilu 2024 wajib mengajukan pendaftaran kepada KPU RI, dan juga KPUD provinsi dan Kabupaten/ Kota, sebagaimana diatur dalam Pasal 176 ayat (1) UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Iya bang belum ada parpol baru yang daftar ke KPU. Tapi, ada satu Partai Gelora sempat berkunjung ke kami untuk memberitahukan keberadaanya di Kota Bekasi dan sisanya itu belum ada,” kata Ali Syaifa, Komisioner KPUD Kota Bekasi, Selasa (7/9).

Menurutnya, proses untuk menjadi peserta Pemilu itu parpol baru itu bakal di verifikasi berkas administrasi pendaftarannya sebagai calon peserta Pemilu.

“Setelah persyaratan seperti parpol terdaftar sebagai badan hukum, punya kepengurusan di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota dan juga Kecamatan, menyertakan 30% keterwakilan perempuan dan prosedur seperti upload data persyaratan ke dalam aplikasi SIPOL, barulah pengumuman pendaftaran,” jelasnya.

“Kemudian penyampaian dokumen oleh KPU dinyatakan lengkap, maka kami akan lakukan verifikasi faktual untuk memastikan berkas-berkas tersebut, seperti kantor dan lain-lain,” tambahnya. (mhf)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin