Berita Bekasi Nomor Satu

Sekolah Bersiap Laksanakan Penilaian Tengah Semester

Illustrasi: Guru menyampaikan materi mata pelajaran di hadapan siswa saat pembelajaran tatap muka secara terbatas di SDN Kota Baru III Kota Bekasi, Senin (6/9). Sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Bekasi bersiap melaksanakan penilaian PTS pada bulan ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI
SAMPAIKAN MATERI: Guru menyampaikan materi mata pelajaran di hadapan siswa saat pembelajaran tatap muka secara terbatas di SDN Kota Baru III Kota Bekasi, Senin (6/9). Sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Bekasi bersiap melaksanakan penilaian PTS pada bulan ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sekolah tingkat SD dan SMP di Kota Bekasi bersiap melaksanakan penilaian tengah semester (PTS) pada bulan ini. PTS sebagai bentuk penilaian kinerja dan belajar siswa selama setengah semester.

Pelaksana tugas (Plt) kepala SDN Aren Jaya XII Kota Bekasi Media Supriyati menjelaskan, PTS di sekolahnya akan dilaksanakan pada 27 September 2021.

“Rencananya dilaksanakan pada minggu terakhir September,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis, (9/9).

Lebih lanjut Media menjelaskan, PTS akan dilaksanakan dengan sistem campuran. “Kalo lihat progresnya bisa kita laksanakan secara offline dan online, yang online paling untuk siswa kelas 1,2 dan 3,” katanya.

Hingga saat ini, satuan pendidikan di wilayah Bekasi Timur itu baru melakukan persiapan berupa pembentukan panitia pembuatan soal-soal PTS.

“Sementara ini kami baru membentuk panitia, untuk teknisnya akan kami bahas lebih lanjut nanti,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Kepala SMP PGRI 2 Kota Bekasi Ma’mun Murod. Ia mengungkapkan, PTS di sekolahnya akan digelar pada 15 September 2021.

“Untuk PTS sekolah memiliki jadwal sendiri, tapi pelaksanaannya sama di September. Cuma tanggalnya aja berbeda,” katanya.

Ma’mun menuturkan, PTS akan diselenggarakan selama lima hari secara langsung atau tatap muka. Hingga saat ini, pembentukan panitia dan pembuatan soal telah diselesaikan.

“Alhamdulillah sudah selesai semua persiapannya. Melihat jumlah siswa kami yang tidak terlalu banyak, pelaksanaan PTS rencananya dilaksanakan secara offline,” tuturnya.

Untuk mekanisme pelaksanaan PTS akan diterapkan sama seperti pembelajaran tatap muka secara terbatas yang sedang berlangsung di sekolah saat ini.

Rencananya, terdapat 10 mata pelajaran yang di PTS kan. Dalam sehari dua mata pelajaran,  masing-masing mata pelajaran diberikan waktu pengerjaan soal selama 60 menit.

“Meskipun offline atau pelaksanaannya di sekolah, PTS ini tetap diberikan secara online. Tidak menggunakan selembar kertas,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin