Politik

Vaksinasi PDIP Medansatria Percepat Herd Immunity

VAKSINASI : Sejumlah warga kelurahan Pejuang Bekasi Utara saat mengikuti vaksinasi massal, kemarin. ISTIMEWA/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi mendukung vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh anggota fraksi PDIP DPRD Kota Bekasi Rudy Heryansyah dan pengurus PAC PDIP Medansatria. Pasalnya, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya pencapaian Herd Immunity di lingkungan setempat.

“Jadi, untuk mendukung program vaksinasi ini memang perlu melibatkan semua komponen masyarakat, karena bukan hanya tanggung jawab tenaga kesehatan maupun pemerintah daerah saja yang berupaya pencegahan dan pengendalian pandemi Covid 19 di negeri ini, khususnya Kota Bekasi dan wabil khususnya Kelurahan Pejuang,” kata Kepala UPTD Puskesmas Pejuang, dr Hani kepada Radar Bekasi, Kamis (23/9).

Menurutnya,  yang dilakukan anggota dewan dan pengurus PAC PDIP Medansatria  merupakan bagian dari kerjasama untuk saling mendukung dalam rangka mencegah penularan dan perburukan gejala Covid-19 agar tidak jatuh korban jiwa, lalu meminimalisir resiko perawatan dengan gejala berat, maupun penularan secara massif di masyarakat.

“Vaksinasi ini salah satu upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19, selain dari ketaatan terhadap protokol kesehatan 5M. Intinya, untuk bisa terbebas dan kembali kepada kehidupan normal semua terlibat, mulai dari kesadaran secara Individu, institusi maupun kelembagaan untuk percepatan Vaksinasi Covid 19 sehingga  terbentuk Herd Immunity) untuk mencegah dari Covid 19, meminimalisir Resiko penularan, dan perburukan kesehatan bila terjangkit lagi gejala Covid,” tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan target sasaran sesuai usia wajib vaksinasi 12 tahun ke atas di wilayah Kelurahan Pejuang, tercatat sudah berada diangkat 83,36% divaksin dosis I atau sebanyak 51,745 jiwa, sedangkan untuk yang vaksin dosis II mencapai 67.61% atau 34.984 jiwa dari total jumlah warga wajib vaksinnya, sebanyak 62.072 jiwa.

Adapun dari total itu, pencapaian vaksinasi di wilayah tersebut pun menjadi yang tertinggi dibanding tiga kelurahan lain di Kecamatan Medansatria, seperti Kelurahan Medansatria, Kelurahan Kalibaru, dan Harapan Mulya yang masing-masing memiliki jumlah penduduk atau target vaksin yang jauh lebih sedikit.

Ketua RW 10 Yuli Rahmawati yang ditemui di rumahnya, sekaligus tempat acara vaksinasi massal digelar menyampaikan, sampai hari ketiga, Kamis (23/9), tercatat jumlah peserta yang ikut kegiatan dan telah disuntik vaksin di lokasi sudah, sebanyak 584 orang dengan total target pada kegiatan vaksinasi pertama, yakni sebanyak 860 peserta.

“InsyaAllah, dua hari terakhir sampai Jumat-Sabtu ini sisa target yang ada bisa selesai ya, karena kita berharap warga disini semua ikut dan mau divaksin demi kesehatan bersama,” tandasnya. (zar/mhf/pms)

Related Articles

Back to top button