World Rabies Day, Pemkot Bekasi Berikan Vaksin Gratis Untuk Hewan Peliharaan

VAKSIN HEWAN :Petugas Kesehatan saat menyuntikan vaksin ke hewan peliharaan di kantor kecamatan Jatisampurna. ISTIMEWA/RADAR BEKASI.
VAKSIN HEWAN: Petugas kesehatan saat menyuntikkan vaksin ke hewan peliharaan di kantor Kecamatan Jatisampurna. ISTIMEWA/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, KOTA BEKASI – Memperingati Hari Rabies Sedunia 2021, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi menggelar vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan di wilayah Kota Bekasi.

Kegiatan vaksinasi hewan ini serentak dilaksanakan di 6 titik daerah Kota Bekasi mulai dari tanggal 28 September – 10 Oktober 2021.


Kantor Kecamatan Jatisampurna menjadi salah satu lokasi diadakannya vaksinasi rabies dan diikuti 150 orang pemilik hewan peliharaan. Mereka mendaftar untuk tanggal 28 September 2021.

Vaksin rabies dapat diberikan ke hewan peliharaan, bukan hanya anjing dan kucing, namun kera, monyet, hingga kuda pun dapat divaksin.


“Sasaran vaksin rabies ini untuk hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kera, monyet hingga kuda yang telah berumur 6 bulan ke atas,” ujar salah satu tenaga kesehatan drh. Yudi Yurnalis yang sedang bertugas di Kantor Kecamatan Jatisampurna. .

Pemilik hewan peliharaan sebelumnya telah melakukan pendaftaran melalui laman bit.ly/lokasi_KecJatisampurna. Kemudian hewan peliharaan beserta pemilik datang ke tempat vaksinasi. Setelah itu, dilakukan penimbangan berat badan dan cek kesehatan. Jika lolos, hewan dapat diberi vaksin.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPPP, Wadi Rima menjelaskan vaksinasi rabies bertujuan mencegah hewan peliharaan dan menjaga serta melindungi Indonesia dari penyakit rabies serta menumbuhkan kesadaran pemilik untuk memvaksin hewan peliharaannya setiap tahun.

“Vaksinasi ini dilakukan demi menjaga serta melindungi Indonesia dari penyakit rabies, khususnya Kota Bekasi. Selain itu, kami juga ingin menambahkan kesadaran pemilik hewan peliharaan untuk rutin menjalankan vaksin tiap tahunnya agar hewan kesayangan juga tetap sehat bugar dan aktif,” ucapnya.

Masyarakat terlihat antusias dalam mengikuti program vaksinasi rabies di kantor Kecamatan Jatisampurna, terlebih lagi vaksin ini disediakan DKPPP dengan gratis.

Seorang warga pemilik hewan peliharaan mengaku senang dengan program vaksinasi hewan gratis ini.

“Saya senang dengan adanya vaksin rabies gratis ini. Sebelumnya saya memvaksin dua peliharaan saya, kucing dan anjing. Lalu saya sekarang membawa lagi tiga kucing dan dua anjing. Jadi, kebutuhan vaksin untuk hewan pun terpenuhi bukan hanya manusia,” ujar salah seorang warga.

Sebagai informasi tambahan, pelaksanaan vaksinasi rabies masih akan berlangsung sampai tanggal 10 Oktober 2021 di Kantor Kecamatan Jatisampurna dan di titik-titik lokasi lainnya, yakni Vida Petshop and Vet, Pedurenan, Mustika Jaya, lalu Citra Pet and Vet, Citragran, Jatisampurna, serta Smile Vet, Gading Klinik Hewan, Hug Me by Vet yang berlokasi di Mutiara Gading Timur, Mustika Jaya.

Pendaftaran masih dapat dilakukan secara online dengan mengisi link tersedia yang informasinya dapat diakses melalui laman Instagram @humaskotabekasi. (adv/humas)